BLK Terus Genjot Program Pelatihan Kerja di Tahun 2023

BLK Terus Genjot Program Pelatihan Kerja di Tahun 2023

PELATIHAN - Kegiatan pelatihan di Balai Latihan Kerja ( BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja ( Disperinnaker) Kendal, tahun ini sudah mulai. -Nur Kholid-

*Tahap I Sudah Berjalan, Tahap II Dibuka Usai Lebaran

 

KENDAL - Tahun 2023 ini Balai Latihan Kerja ( BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja ( Disperinnaker) Kendal terus mengintensifkan program pelatihan kerja untuk masyarakat. Untuk jenis pelatihan tertentu, lulusannya bahkan bisa langsung disalurkan ke perusahaan untuk bekerja.

 

Kegiatan pelatihan di Balai Latihan Kerja ( BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja ( Disperinnaker) Kendal, tahun ini sudah mulai. Lama pelatihan satu bulan. Selanjutnya akan dibuka untuk peserta pelatihan tahap kedua dan tahap ketiga.

 

Kepala UPTD BLK Disperinnaker Kendal, Hendro Setiyo Utomo mengatakan, kegiatan pelatihan tahap pertama tahun 2023 ini sudah mulai berjalan. BLH menghadirkan 6 jenis pelatihan, yakni pelatihan operator jahit garmen, pelatihan menjahit pakaian wanita dewasa, pelatihan servis sepeda motor injeksi, pelatihan plate welder las smaw, pelatihan teknisi telepon seluler HP, dan pelatihan tata rias kecantikan rambut.

 

"Tahap pertama ini ada 8 kelas, karena untuk pelatihan operator jahit garmen dan pelatihan menjahit pakaian wanita dewasa dibuka untuk dua kelas. Sedangkan pelatihan lainnya, masing-masing hanya satu kelas. Per kelas diikuti 16 peserta. Lama pelatihan mulai 23 hari sampai 33 hari, tergantung jenis pelatihan," jelasnya. 

 

Peserta pelatihan yang paling banyak adalah menjahit dan operator menjahit garmen. Pasalnya, khusus untuk pelatihan operator menjahit garmen, sudah bekerja sama dengan perusahaan garmen di KIK, sehingga setelah selesai pelatihan, akan langsung bekerja.

 

"Yang paling banyak itu pelatihan menjahit, karena sudah kolaborasi dengan industri di KIK, mulai dari rekruitmen sampai dengan nanti ketika peserta sudah lulus dari BLK Kendal," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: