Jelang Idul Adha, Emak-emak Dibekali Cara Olah Daging yang Baik

Jelang Idul Adha, Emak-emak Dibekali Cara Olah Daging yang Baik

SOSIALISASI - Dinperpa Kota Pekalongan menggelar sosialisasi cara mengolah daging yang baik dan benar kepada ibu-ibu di Kota Pekalongan.-Ainul Atho-

KOTA - Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan menghelat Sosialisasi Kesehatan Masyarakat Veteriner dalam rangka upaya penyediaan bahan pangan asal hewan yang Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH). Kegiatan dilaksanakan di Ruang Jlamprang Setda Kota Pekalongan, Selasa (30/5/2023).

Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Muadi menjelaskan, kegiatan ini menyasar ibu-ibu TP PKK Tingkat Kelurahan, Kecamatan, dan Kota Pekalongan sertakan dari organisasi wanita seperti Muslimat, Aisyiyah, dan sebagainya. "Harapannya para ibu semakin memahami bagaimana memilih dan mengolah pangan asal hewan khususnya daging yang ASUH," terang Muadi. 

Menurut Muadi, hal ini penting dilakukan mengingat sebentar lagi iduladha dan ada penyembelihan hewan kurban. "Kita latih dan sampaikan tentang daging yang ASUH. Begitu pula dengan perlakuan atau pengolahan daging. Jangan sampai masyarakat Kota Pekalongan terjebak dengan daging yang tidak ASUH," kata Muadi. 

Sementara itu, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinperpa, Ilena Palupi menerangkan bahwa menjelang hari raya iduladha DinperpaSosialisasi menggiatkan sosialisasi kesehatan masyarakat veteriner khususnya tentang pangan asal hewan yang ASUH. "Nantinya ibu-ibu akan menjadi ujung tombak penanganan makanan asal hewan. Melalui sosialisasi ini harapannya para ibu mampu mengolah daging kurban dengan ASUH," tutur Ilena. 

Ilena juga menekankan agar para ibu mampu membedakan pangan asal hewan daging yang sehat agar penyakit yang dibawa daging tak menular ke manusia. Mulai saat ini produk halal harus ditekankan dan harus menjadi keharusan. "Jangan sampai kita abai dengan halal atau tidaknya daging yang kita konsumsi. Sekarang tak ada salahnya mencari tahu daging yang akan kita konsumsi aman dan halal atau tidak. Secara fisik kita hanya bisa melihat kesegaran daging, mulai cari tahu apakah daging dioplos dan asal daging yang dijual," beber Ilena. 

Wakil Ketua I TP PKK Kota Pekalongan, Istiqomah mengaku senang DinperpaSosialisasi dapat bersinergi dengan TP PKK dan organisasi wanita untuk mengenalkan makanan bersumber hewan terutama daging yang sehat untuk dikonsumsi. "Hal ini juga bisa mendorong pencegahan stunting dengan memanfaatkan konsumsi protein hewan. Terima kasih Dinperpa, kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi para ibu dalam memilih dan mengolah daging," tukas Istiqomah.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: