Keren, Lapas Terbuka Kendal Sukses Uji Coba Pembuatan Tebon Jagung Chopper

Keren, Lapas Terbuka Kendal Sukses Uji Coba Pembuatan Tebon Jagung Chopper

INOVATIF - Lapas Terbuka Kendal terus berinovasi dalam program pembinaan kemandirian di berbagai sektor bagi warga binaanya. -Nur Kholid-

*Pakan Ternak Alternatif dari Limbah Jagung

KENDAL - Program-program inovatif terus digulirkan Lapas Terbuka Kendal guna memberdayakan warga binaan pemasyarakatan (WBP) agar memiliki ketrampilan untuk bekal kemandiriannya selepas bebas nanti. Kali ini mereka sukses menguji coba pembuatan pakan ternak alternatif "Tebon Jagung Chopper" melalui penerapan teknologi tepat guna berupa mesin cacah multifungsi.

Kepala Lapas Terbuka Kendal yang juga inisiator kegiatan industri ini mengungkapkan, 

kegiatan ini bermula dari kunjungan Prof. Bambang (Dekan FPP Undip) ke LPT Kendal sekitar bulan November tahun 2022.

"Awalnya, tahun lalu saat Prof. Bambang berkunjung dan melakukan pengamatan ke sini, beliau memberi masukan tentang potensi jika kita memprodukasi pakan ternak cacah" ujar Rusdedy, usai uji coba pembuatan pakan ternak alternatif baru-baru ini.  

Rusdedy menambahkan, bahwa usulan dari Prof. Bambang bukan tanpa alasan. Lahan pertanian yang luas dan tersedianya mesin produksi yang lengkap menjadi alasan utama, selain itu permintaan pasar yang sangat tinggi menjadi alasan pendukung mengapa industri  Tebon Jagung Chopper sangat cocok dikembangkan di LPT Kendal. "Setelah kunjungan dari Prof. Bambang, Saya dan tim langsung bergerak mempersiapkan segala sarana dan prasarananya. Setelah beberapa kali _trial and error, akhirnya pakan ternak alternatif _Tebon Jagung Chopper kami akhirnya sukses diujicoba" tambah Rusdedy.

Sebagai Informasi _Tebon Jagung Chopper_ merupakan pakan ternak alternatif bagi hewan ruminansia yang diperoleh dari proses pencacahan seluruh bagian dari tanaman jagung yang berusia 2 s.d 3 bulan. Tebon Jagung yang telah digiling selanjutnya di anginkan selama 2 hari hingga kemudian dipacking. _Tebon Jagung Chopper_ memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi hewan ternak karena didalamya mengandung lemak kasar, serat kasar, dan protein kasar dengan rasio yang cukup tinggi. 

Dengan menggunakan mesin cacah berpenggerak dinamo dengan kekuatan 20HP, lebih dari 1 ton _Tebon Jagung Chopper_ dapat dihasilkan oleh LPT Kendal dalam satu hari.

Kasubsie Kegiatan Kerja LPT Kendal, Puji Raharjo menjelaskan bahwa salah satu tujuan industri _Tebon Jagung Chopper_ ini selain untuk pemenuhan nutrisi ternak juga mengoptimalkan kegiatan budidaya Jagung yang ada di LPT Kendal 

"Dulu ketika kami membudidayakan jagung hibrida dan jagung manis biasanya daun dan tongkolnya hanya menjadi limbah. Dengan adanya industri ini seluruh bagian dari jagung dapat termanfaatkan" terang Puji. 

Pada tahap awal ini, Tebon Jagung Chopper akan diproduksi untuk pemenuhan kebutuhan pakan ternak milik LPT Kendal, setelah itu akan akan diproduksi secara massive karena sudah ada beberapa pesanan yang masuk. (lid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: