223.800 Poskamling, BARU 60% yang Aktif

223.800 Poskamling, BARU 60% yang Aktif

APEL SATKAMPLING - Polres Kendal saat menggelar Apel Satkamling sekaligus penyerahan pemenang lomba Satkamling tingkat Kabupaten Kendal, Rabu (21/6/2023), di Mapolres Kendal.-red/sef-

*Jelang Pemilu, Polres Kendal Dorong Reaktivasi Poskamling

KENDAL - Polres Kendal mendorong penguatan kembali gerakan pengamanan lingkungan berbasis Poskamling guna meningkatkan kondusivitas wilayah, terutama menjelang Pemilu 2024. Pasalnya, dari total 223.800 Poskamling yang tersebar di Kabupaten Kendal, baru 60 persen diantaranya yang aktif berkegiatan pengamanan lingkungan.

Hal itu disampaikan Kapolres Kendal, AKBP Jamal Alam, saat kegiatan Apel Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) sekaligus menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba Satkamling tingkat Kabupaten Kendal, Rabu (21/6/2023), di halaman Mapolres Kendal.

Apel yang dipimpin langsung Kapolres itu juga dihadiri Sekda Kendal Sugiono, dan Forkopimda Kendal, serta diikuti oleh jajaran Polres Kendal, Perangkat Daerah Kendal, dan para agggota Satlinmas Kendal.

Kapolres Kendal, AKBP Jamal Alam mengatakan, dengan dilaksanakannya kegiatan Apel Satkamling ini sebagai wujud peran serta masyarakat sebagai garda terdepan dalam menangani dan melakukan pencegahan permasalahan yang ada di tingkat desa.

"Berdasarkan data Kaposkamling tahun 2023 ada sekitar 223.800, namun hanya ada 60% saja yang aktif. Maka dari itu, perlu dukungan dan peran masyarakat sebagai upaya akselerasi dalam meningkatkan kondisivitas di wilayahnya masing-masing," tutur Kapolres Kendal.

Lebih lanjut Kapolres Jamal mengatakan, di tahun 2023 ini, Polres Kendal sudah melaksanakan lomba Satkamling di tingkat Kecamatan dan Desa, sehingga dapat memacu semangat warga dalam menjaga keamanan dilingkungannya masing-masing.

"Selain itu, menjelang Pemilihan Umum (Pemilu), Satkamling yang merupakan Pam Swakarsa dari masyarakat harus terus bersinergi dengan aparat kepolisian untuk bisa menyelesaikan permasalahan - permasalahan warga," tambah Kapolres Kendal.

Kapolres Jamal Alam juga mengatakan, jelang Pemilu 2024 semua harus bisa bersinergi untuk memberikan kontribusi yang maksimal dan berperan aktif dalam menjaga pelaksanaan Pemilu mendatang, sehingga bisa berjalan dengan aman, baik, dan lancar.

Sementara itu, Sekda Kendal, Sugiono menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Polres Kendal yang sudah menyelenggarakan kegiatan lomba Satlinmas, yang pastinya dapat meningkatkan keamanan di lingkungan desa.

Menurut Sekda, keberadaan Satlinmas ini sangatlah penting dalam menjaga keamanan lingkungan di Kabupaten Kendal, mengingat jumlah Polri dan TNI yang ada di Kendal tidak mencukupi untuk bisa mengamankan seluruh masyarakat, terutama pada saat menghadapi Pemilu mendatang, sehingga diperlukan sinergitas bersama.

"Saya ucapkan terima kasih kepada kepada jajaran Polri dan TNI, serta Satlinmas di Kabupaten Kendal, yang selama ini sudah berperan penting dalam menjaga keamanan lingkungan di Kabupaten Kendal," tutur Sekda Kendal.

Sekda Kendal mengungkapkan, untuk Pos Kamling di desa-desa saat ini sudah dihidupkan kembali, dan sudah berjalan dengan baik, sehingga keamanan dan kenyamanan masyarakat bisa dijaga secara bersama - sama.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba Satkampling tingkat Polres Kendal dan Polda Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: