Dukung Perkembangan Otak Janin, Ini 12 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil (Bumil)

Dukung Perkembangan Otak Janin, Ini 12 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil (Bumil)

Buah naga cocok untuk dikonsumsi ibu hamil.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Ibu hamil atau bumil disarankan untuk mengonsumsi buah naga. Tak hanya rasanya yang manis dan segar, dengan banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya, buah ini cocok dimakan oleh bumil. 

Tak sekedar menyehatkan bumil saja lho, tapi janin di dalam kandungan ikut merasakan manfaatnya. Salah satunya mendukung perkembangan otak janin agar kelak menjadi anak yang pintar.  

Dilansir prenagen.com yang menukil dari Firstcry Parenting, nutrisi lengkap ada dalam buah naga. Yaitu asam folat, karbohidrat, serat, kalsium, vitamin C, beta karoten, zat besi, likopen dan potasium. Kandungan nutrisi ini tentunya baik untuk kesehatan bumil serta janin dalam kandungannya.

Dengan kandungan nutrisi di dalamnya, bumil disarankan mengonsumsi buah naga secara rutin. Bumil dapat mengonsuminya sebagai cemilan buah segar langsung atau membuat jus buah naga. Bumil juga dapat mengolahnya jadi puding, smoothie, salad buah, sorbet, dan lain sebagainya. 

Namun, tetap jangan berlebihan makan buah naga. Agar memperoleh manfaat yang optimal, bumil perlu mengonsumsinya dalam batasan yang wajar. Satu buah naga seperti dilansir Health Kompas memiliki ukuran 350-450 gram. Makan buah naga cukup sebanyak 200 gram dalam sehari untuk bumil tanpa penyakit penyerta.

Baca juga:Bisa Haluskan Kulit Kasar, Ini 12 Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan

Penasaran apa manfaat buah naga untuk bumil? Yuk simak uraiannya berikut ini:

1. Mendukung perkembangan otak janin

Kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam buah naga bermanfaat bagi penambahan energi dan membantu proses metabolisme. Tak hanya itu, lemak tak jenuh tunggal ini juga mendukung perkembangan otak pada janin.

Selain buah naga, lemak tak jenuh tunggal bisa ditemukan pada alpukat, minyak zaitun dan kacang-kacangan.

2. Melawan infeksi

Jangan sampai bumil terinfeksi bakteri atau jamur ya, karena ini akan memberi efek buruk bagi janin. Untuk mencegahnya, bumil dapat konsumsi buah naga karena dengan kandungan nutrisi di dalamnya buah naga mampu melakukan regenerasi sel dalam mencegah infeksi dan membuat kekebalan tubuh meningkat akan mikroba tersebut.

3. Meredakan sembelit

Bumil memang lebih rentan mengalami sembelit atau sulit buang air besar. Kandungan serat dalam buah naga sebanyak 7 gram mampu menyehatkan saluran cerna bumil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: