Terlihat Sepele Padahal 6 Hal Ini Gejala Kolesterol Tinggi di Kaki yang Jarang Disadari, Apa Saja?

Terlihat Sepele Padahal 6 Hal Ini Gejala Kolesterol Tinggi di Kaki yang Jarang Disadari, Apa Saja?

ilustrasi gejala kolesterol tinggi di kaki yang jarang disadari-tangkapan layar-pexel.com

Keadaan kaki yang dingin disebabkan karena kadar kolesterol naik sehingga laju aliran darah menuju kaki melambat dan berakhir pada sensasi dingin tersebut. Kaki yang terasa dingin bisa terjadi pada salah satu kaki, atau kedua kaki kanan dan kiri sekaligus.

4. Luka di Kaki yang Sulit Sembuh

Kamu punya luka kecil di kaki tapi tidak sembuh dalam waktu lama? Waspada, hal itu bisa jadi gejala kolesterol tinggi di kaki yang jarang disadari.

BACA JUGA:Berhasil Diet? Jangan Lengah, Begini 4 Cara Mempertahankan Berat Badan Agar Timbangan Tidak Melonjak Lagi

Luka yang sulit sembuh bisa terjadi karena aliran darah menuju kaki terganggu. Akibatnya, kaki kekurangan nutrisi dan oksigen. Pada akhirnya luka yang terbentuk pun akan berubah warna menjadi kecokelatan atau bahkan menghitam.

5. Kebas pada Area Kaki

Kebas yang terjadi sesekali mungkin sudah biasa. Tapi jika intensitasnya cukup sering maka bisa jadi pertanda kolesterol naik. Sensasi kebas terjadi karena kurangnya aliran darah menuju kaki. Bisa terjadi pada area telapak kaki dan jari-jari kaki.

6. Perubahan Warna Kuku dan Kaki

Gejala kolesterol tinggi di kaki yang jarang disadari yang terakhir adalah perubahan warna kuku dan kaki. Kolesterol tinggi akan membuat aliran darah yang membawa oksigen tidak lancar. Akhirnya sel-sel kaki yang tidak mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi dengan baik.

Perubahan warna kaki ini meliputi kulit yang tampak kencang dan berkilau. Sementara pada kuku di jari kaki sendiri akan berkembang secara lambat sampai rambut kaki akan terlihat semakin menipis.

Kalau beberapa gejala kolesterol tinggi di kaki yang jarang disadari tersebut terjadi kepadamu, tetap tenang. Jangan khwatir berlebihan karena hanya akan membuatmu bingung tanpa menemukan solusi yang tepat.

Pergi ke klinik dan lakuan cek kadar kolesterol. Menurunkan kolesterol tinggi juga bisa dilakukan dengan konsumsi makanan sehat. Tetap hati-hati dan ikuti pola hidup sehat ya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: