Berhasil Diet? Jangan Lengah, Begini 4 Cara Mempertahankan Berat Badan Agar Timbangan Tidak Melonjak Lagi

Berhasil Diet? Jangan Lengah, Begini 4 Cara Mempertahankan Berat Badan Agar Timbangan Tidak Melonjak Lagi

ilustrasi cara mempertahankan berat badan-pexels-https://www.pexels.com/id-id/foto/makanan-orang-kedudukan-diet-5622219/

RADARPEKALONGAN – Menurunkan berat badan bukan hal yang mudah, pun dengan mempertahankannya. Kamu harus punya strategi jitu atau cara mempertahankan berat badan agar tidak perlu kembali mengulang proses diet lagi. 

Tidak untuk penampilan semata, menjaga berat badan agar tetap ideal juga demi kesehatan yang perlu dijaga. Dengan berat badan yang sesuai, kamu bisa lincah beraktivitas dan terhindar dari berbagai risiko penyakit lain. Itu artinya, cara mempertahankan berat badan perlu dilakukan dengan menjaga kesehatan.

BACA JUGA:Turunkan Kolesterol Hingga Atasi Impotensi, Berikut Manfaat Bawang Putih Dimakan Mentah bagi Kesehatan

Cara Mempertahankan Berat Badan 

Sebagian orang yang sudah berhasil menurunkan berat badan, mereka akan kesusahan mempertahankannya sampai akhirnya kembali mengalami kenaikan lagi. Jika kita mau menyimpulkan, tidak lain karena jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak setara dengan kalori yang dikeluarkan.

Tapi rupanya ada penjelasan yang lebih logis secara ilmiah. Orang yang mengalami penurunan badan, kadar hormon leptinnya akan berkurang. Sebab hormon leptin akan semakin banyak sesuai dengan jumlah lemak yang dimiliki tubuh.

Hormon tersebut adalah hormon kelaparan yang membuatmu merasa lapar dan ingin makan. Leptin yang berkurang memberikan sinyal pada tubuh untuk menganggapnya kelaparan. Dengan begitu kamu akan merasa lapar dan makan lebih banyak sehingga berat badan kembali naik.

Untuk itu, lakukan beberapa hal berikut sebagai cara mempertahankan berat badan agar tidak kembali naik setelah sukses menurunkannya.

1. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Berat badan memang berkaitan secara langsung dengan makanan sehingga cara mempertahankan berat badan tentunya dengan memperhatikan apa yang dikonsumsi. Biasanya, orang yang mengalami kenaikan berat badan setelah berdiet adalah karena kebiasaan makan lama yang dilakukan kembali.

Untuk menghindari kenaikan berat badan, kamu perlu mengontrol makanan apapun dan punya rencana terbaik yang harus diikuti. Misalnya dengan tetap menghitung kalori sehingga asupan yang masuk ke tubuh sesuai dengan apa yang kamu butuhkan.

Mungkin cara ini cenderung merepotkan dan seperti kembali melakukan diet ulang. Jika kamu merasa terlalu berat, maka kamu bisa menggunakan cara lain seperti dengan melakukan latihan untuk menekan keinginan makan berlebih dan makan dengan sembarangan.

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Kulit dan Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 9 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

2. Lakukan Pendekatan 80/20

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: