Jaga Kesehatan Kulit dan Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 9 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Jaga Kesehatan Kulit dan Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 9 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Buah mangga dan jus mangga.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Di balik rasanya yang asam, manis dan segar, buah mangga kaya manfaat untuk kesehatan. Di antaranya bisa menjaga kesehatan kulit dan rambut hingga meningkatkan kualitas tidur. 

Buah mangga kaya akan nutrisi seperti vitamin A, C dan K, mineral, dan antioksidan yang penting bagi tubuh. Vitamin K, misalnya, membantu mencegah anemia dan memperkuat tulang. Kandungan magnesium dan potasiumnya dapat mengurangi peradangan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Buah mangga bisa dimakan langsung. Bisa pula dijadikan rujak, lotis, manisan, asinan, dan aneka olahan lainnya. Buah mangga pun enak untuk juz. Segar rasanya. Apalagi diminum disaat cuaca panas. Maknyus.

Buah mangga bisa menjadi topping salad buah dan diblender bersama buah lain menjadi smoothies. Buah ini juga bisa dikombinasikan dengan semangkuk smoothie bowl sebagai menu sarapan.

Dilansir hellosehat.com, dalam penyajian per 100 gramnya, kandungan buah mangga yaitu 12,3 gram karbohidrat, 12 miligram vitamin C, 35 persen vitamin A, 20 persen folat, 8 persen vitamin K dan kalium, 86,6 gram air, 0,7 gram protein dan 0,5 gram lemak. Kandungan lainnya ialah tembaga, kalsium, zat besi, serta antioksidan seperti zeaxanthin dan betakaroten.

Baca juga:Ingin Kulit Wajah Kencang dan Awet Muda, Rajinlah Makan Buah Pepaya

Berikut ini manfaat buah mangga untuk kesehatan dilansir dari beberapa sumber:

1. Menurunkan tekanan darah

Jangan takut gula darah naik karena makan buah mangga. Meskipun buah ini rasanya manis, namun tidak menjadi penyebab gula darah naik. Ini selaras dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti Oklahoma State University. Bahkan, setelah rutin makan mangga dalam waktu tertentu, kadar gula darah orang-orang yang memiliki berat badan berlebih menjadi berkurang.

2. Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Kesehatan jaringan epitel pada kulit dan rambut bisa terjaga dengan asupan vitamin A, sehingga rambut dan kulit tetap lembap dan sehat. Selain mengandung vitamin A, mangga memiliki kandungan sekitar 75 persen vitamin C harian untuk tubuh. 

Tubuh memerlukan vitamin A dan C untuk menghasilkan kolagen. Yakni, protein khusus yang memberikan serta menjaga elastisitas kulit guna mencegah kulit berkeriput dan mengendur sebelum waktunya.

3. Melindungi fungsi mata

Dua antioksidan dalam buah mangga yakni lutein dan zeaxanthin dapat membantu melindungi fungsi retina dan lensa mata. Fungsi retina dan lensa mata untuk meningkatkan ketajaman penglihatan, mengurangi efek silau mata yang tidak nyaman, serta mengurangi waktu yang dibutuhkan mata untuk pulih sehabis melihat cahaya terang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: