Terlihat Sepele Padahal 6 Hal Ini Gejala Kolesterol Tinggi di Kaki yang Jarang Disadari, Apa Saja?

Terlihat Sepele Padahal 6 Hal Ini Gejala Kolesterol Tinggi di Kaki yang Jarang Disadari, Apa Saja?

ilustrasi gejala kolesterol tinggi di kaki yang jarang disadari-tangkapan layar-pexel.com

RADARPEKALONGAN – Gejala kolesterol yang tinggi di dalam tubuh tidak hanya nyeri di dada atau pusing kepala. Ada juga gejala kolesterol tinggi di kaki yang jarang disadari karena hanya tampak seperti hal biasa dan tidak serius.

Sebagaimana diketahui, kolesterol tinggi adalah silent killer karena penyakit berbahaya yang gejala awalnya kerap tidak disadari. Untuk menghindari efek jangka panjang yang berbahaya tersebut maka sedari dini baiknya kita sudah tahu berbagai gejala kadar kolesternol naik dan melewati ambang batas normal.

Penumpukan kolesterol di dalam darah akan menyumbat aliran darah sehingga menimbulkan beberapa gejala, salah satunya ada pada kaki. Berikut beberapa gejala kolesterol tinggi di kaki yang jarang disadari.

1. Kram Kaki di Malam Hari

Gejala kolesterol tinggi di kaki yang jarang disadari yang pertama adalah merasakan kram kaki. Kram yang terjadi pada penderita kolesterol tinggi biasanya terjadi pada malam hari pada daerah tumit, jari kaki, sampai telapak kaki.

Kalau kamu merasakan hal tersebut, tetap tenang dan jangan khawatir berlebihan. Sebagai pertolongan pertama, kamu bisa mencoba menghilangkan kram dengan cara duduk di kasur atau kursi dengan membiarkan kedua kaki menggantung di bawah.

BACA JUGA:Hati-Hati, Ini 5 Alasan Sering Mengalami Gejala Masuk Angin yang Sering Disalah Pahami, Ternyata Berbahaya

Pada posisi tersebut gravitasi akan membantu mengalirkan darah ke ujung kaki. Tapi kalau kram di malam hari terjadi terus menerus maka jauh lebih baik jika kamu cek kadar kolesterol.

2. Nyeri Kaki

Selain kram di malam hari, gejala kolesterol tinggi yang jarang disadari berikutnya adalah rasa nyeri di kaki. Nyeri tersebut terjadi karena arteri atau pembuluh darah tersumbat kolesterol sehingga aliran darah ke kaki terhambat.

Jika didefinisikan, nyeri kaki ini berupa kaki yang terasa berat, pegal seperti kelelahan, dan juga ada sensasi seperti terbakar.

Nyeri bisa terjadi pada seluruh bagian kaki, salah satu kaki saja, atau bahkan terjadi pada kedua kaki kanan dan kiri sekaligus. Sensasi nyerinya akan terjadi beberapa waktu setelah berolahraga atau bejalan kemudian akan hilang setelah istirahat.

3. Kaki Dingin

Jangan diabaikan, kamu perlu waspada kalau kakimu terasa dingin terus menerus sekalipun tidak menyentuh air atau dalam cuaca dingin. Bisa jadi keadaan tersebut adalah salah satu tanda kolesterol sedang naik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: