15 Cara Mengusir Semut yang Menganggu dari Rumah dan Toko

15 Cara Mengusir Semut yang Menganggu dari Rumah dan Toko

Ilustrasi semut.-Tangkapan layar freepik.com-

Jadi jangan sekali-kali membiarkan makanan manis atau yang mengundang di tempat terbuka tanpa menggunakan tutup. 

10. Gunakan cuka putih

Cara menghilangkan semut api cukup dengan mencampurkan cuka dengan air putih dengan perbandingan satu banding satu. Semprotkan ke seluruh penjuru rumah yang ada indikasi rombongan semut merah mengganggu. 

11. Pakai kayu manis 

Semut tidak menyukai bau kayu manis, sehingga mereka akan pergi jika ada bahan tersebut. Caranya cukup mudah, letakkan kayu manis di area yang banyak semut.

Biarkan beberapa saat hingga mereka pergi dengan sendirinya. Setelahnya tinggal membersihkan sarang dan bekas kayu manis.

12. Tutup lubang sarangnya

Supaya koloni semut tidak bisa keluar, maka tinggal tutupi saja lubang sarangnya. 

13. Pakai bedak talek

Sebarkan bubuk talek di sekitar teras rumah dan tempat sarang semut seperti pintu dan jendela. Selain bedak talek, bubuk organik seperti krim tartar, bubuk boraks, bubuk belerang, dan minyak cengkeh juga bisa menjadi cara usir semut. 

14. Gunakan obat semprot serangga

Cara mengusir semut lainnya ialah dengan menyemprot koloni semut menggunakan obat semprot serangga. Semut dipastikan akan langsung mati.

15. Taburi asam borat

Cara menghilangkan semut api adalah dengan menggunakan asam borat. Asam borat dipercaya lebih efektif hingga tiga kali dalam membasmi semut di berbagai area rumah. 

Hati-hati! Hindari menggunakan asam borat saat terdapat hewan peliharaan atau anak-anak, sebab hal tersebut dapat dengan mudah meracuni. Jangan sampai hewan peliharaan yang justru tewas sebab bahan kimia yang satu ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: