12 Tanaman Hias yang Mampu Menyerap Polusi Udara, Efektif Bersihkan Udara

12 Tanaman Hias yang Mampu Menyerap Polusi Udara, Efektif Bersihkan Udara

Tanaman hias yang mampu menyerap polusi udara yang bisa ditanam di dalam rumah.--Freepik.com

Berdasarkan penelitian dari jepang, bunga peace lily efektif dalam menyerap polusi udara.

Tidak hanya cantik saja, tanaman ini ternyata juga mampu menyerap zat kimia berbahaya di dalam ruangan seperti yang terdapat pada cat tembok dan beberapa peralatan rumah tangga.

6. Palem Kuning

Palem kuning merupakan jenis tanaman hias pembersih udara, karena dapat menetralisir polusi udara seperti asap rokok seperti formaldehida, benzena dan karbon monoksida.

Palem kuning diketahui dapat membersihkan udara, oleh karena itu tanaman ini merupakan pilihan yang tepat untuk orang dengan penyakit sinusitis dan bronkitis karena memiliki tingkat transpirasi yang tinggi.

Tanaman ini diketahui dapat melepaskan hingga 1 liter uap air ke udara setiap 24 jam.

7. Lidah Buaya

Menurut sebuah penelitian, dalam satu pot lidah buaya hampir memiliki fungsi yang setara dengan sembilan pembersih udara biologis.

Bahkan, ketika polusi di udara melebihi ambang batas kesehatan, tanaman lidah buaya akan memberikan sinyal dengan munculnya bintik-bintik hitam pada sekujur daunnya.

Tidak hanya dikenal memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan, tanaman lidah buaya juga dikenal mampu menetralisir senyawa benzena dari udara.

Benzena sendiri banyak dijumpai pada cat rumah dan pembersih berbahan kimia.

8. Tanaman Karet Kebo

Tanaman hias yang mampu menyerap polusi udara ini adalah bagian dari studi udara bersih NASA yang telah terbukti efektif mengurangi racun di udara.

Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan di India, tanaman hias ini efektif mengurangi gangguan pernapasan hingga 30-36% dan gangguan paru-paru hingga 10-12%.

9. Bunga Krisan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: