Anti Keriput! Ini Dia 3 Manfaat Vitamin C Buah Mengkudu Ternyata Bisa Buat Masalah Kulit Usia 40-an

Anti Keriput! Ini Dia 3 Manfaat Vitamin C Buah Mengkudu Ternyata Bisa Buat Masalah Kulit Usia 40-an

Manfaat Vitamin C Buah Mengkudu-Freepik-Freepik.com

RADARPEKALONGAN – Manfaat vitamin C buah Mengkudu buat kulit ternyata luar biasa sekali lho. Khususnya buat kamu yang ingin tampil cantik tanpa harus ada repot-repot operasi plastik.

Walau baunya tidak sedap, tapi jangan salah sangka kalau manfaatnya buat kecantikan kulit wajah bisa diandalkan.

Buat dirimu yang belum tahu, simaklah artikel ini sampai tuntas biar bisa langsung dipraktekkan langsung.

Soal rasa juga tak berbeda jauh dengan bau yang tidak sedap pada buah Mengkudu ini. Secara umum buah ini kaya sekali akan kandungan gizi, seperti vitamin C, gula, folat, magnesium, protein, karbohidrat, kalium dan kalsium juga ada.

BACA JUGA:Mantap! Buah Jujube yang Kaya akan Vitamin C Bagus untuk Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Jarang Diketahui Vitamin C Buah Jujube yang Populer di Korea ini Bisa Cerahkan Kulit Lho!

Secara umum, manfaat vitamin C buah Mengkudu ini bisa diandalkan untuk beragam keluhaan penampilan kulit pada wajah. Untuk lebih jelasnya, simak pada pembahasan di bawah ini.

1. Mencegah Terjadinya Jerawat

Ternyata buah Mengkudu memiliki kandungan antiinflamasi, antivirus dan atibakteri yang dapat mencegah terjadinya jerawat. Pemicu jerawat biasanya disebabkan oleh kerusakan sel.

Kerusakan sel ini bisa diatasi dengan vitamin C yang ada di dalamnya. Sebagai antioksidan, kandungannya bisa menangkal radikal bebas yang mampu mencegah kerusakan pada kulit.

Buah mengkudu walaupun penampilannya tidak meyakinkan, tapi kandungan vitamin C ini mampu melawan radikal bebas yang ada di lingkungan sekitar.

2. Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat vitamin C buah Mengkudu juga bisa dijadikan sebagai solusi untuk rambut yang mulai kehilangan nutrisi. Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah Mengkudu mampu memberi nutrisi pada rambut.

Selain karena usia, pemicu rambut rontok ini juga dikarenaan adanya polusi di lingkungan sekitar. Tak heran kalau infeksi bakteri dan jamur biasanya menempel pada kulit kepala.

Kulit kepala yang sering terdampak infeksi bakteri membuat rambut tersa gatal, sehingga sering digaruk. Ketika sering digaruk, maka kemungkinan besar akan membuat rambut rontok.

Nah, kandungan Manfaat vitamin C buah Mengkudu ini bisa meminimalisir bakteri yang dihasilkan dari polusi. Karena adanya anti radikal bebas tersebut menjadikan kulit kepala jadi lebih nyaman.

3. Mencegah Kulit Keriput

Selain itu, kandungan antrakuinon bisa dijadikan sebagai pemicu pembentukan kolagen. Zat kolagen ini bisa menjaga elastisitas kulit, sehingga kulit keriput bisa diminimalisir.

Kulit keriput salah satunya bisa disebabkan karena kolagen yang berkurang. Vitamin C ditambah dengan kolagen bisa meningkatkan kekencangan kulit.

Apalagi buat kalangan usia mencapai 40-an yang sudah pasti zat kolagen pada kulit sudah mulai berkurang seiring berambahnya usia.

Smothies Buah Mengkudu untuk Kesehatan Kulit

Karena aroma buah yang tidak sedap, demikian juga rasa pada Mengkudu yang aneh, maka harus pintar juga mengolahnya.

Inilah cara agar kamu bisa tetap memanfaatkan buah mengkudu sebagai cara untuk mengencangkan kulit sebagai berikut.

1. Pertama-tama kamu harus siapkan setengah buah mengkudu yang diambil dari tanag pekarangan belakang

2. Siapkan satu setengah ons Sawi

3. Siapkan juga 1 buah apel

4. Siapkan 1 buah jeruk

5. Siapkan 1 sendok makan biji Chia

6. Siapkan 1 Gelas air

7. Siapkan 1 gelas es batu

Manfaat vitamin C buah Mengkudu ini bisa dibuat dengan cara memasukkan mengkudu, air, chia, es batu dan sawi. Selanjutnya masukkan jadi satu ke dalam blender dan haluskan agar tercampur seluruhnya.

Setelah semuanya tercampur dan hancur, tinggal masukkan apel ke dalam potongan kecil-kecil. Boleh juga kalau mau ditambahkan buah-buahan lain, seperti jeruk nipis misalnya, untuk memberio aroma agar lebih harum.

Boleh-boleh saja mau ditambahkan blueberry yang tentu saja akan memperkaya aroma smothies ini.

Itulah Manfaat vitamin C buah Mengkudu yang bisa dijadikan solusi untuk masalah penuaan yang tandanya bisa dilihat dari mulai adanya kerutan di wajah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: alodokter