Cuaca Panas, Peternak Dibayangi Kondisi Rawan Pakan

Cuaca Panas, Peternak Dibayangi Kondisi Rawan Pakan

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinperpa Kota Pekalongan, Ilena Palupi.-Ainul Atho-

KOTA - Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan mengingatkan kepada para peternak agar mengantisipasi kondisi rawan pakan yang berpotensi terjadi dalam cuaca panas ekstrem.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinperpa, Ilena Palupi mengungkapkan, curah hujan yang rendah sangat berpotensi mengurangi ketersediaan air dan produksi pertanian maupun rumput sebagai pakan ternak. Untuk itu, peternak diimbau agar tetap memperhatikan pemberian makanan yang bernutrisi, mencukupi kebutuhan air dan vitamin bagi hewan ternak agar tetap produktif dan sehat.

“Cuaca ekstrem ini membuat para peternak mengalami rawan pakan karena hijauan sudah mulai kering. Selain itu saat ini peternak juga harus bersiap menghadapi musim penghujan. Dua musim ini yang harus diperhatikan dan dimawasi betul oleh para peternak supaya hewan mereka bisa produktif dengan baik,” tuturnya.

Dikatakan Ilena, pihaknya telah memberikan pelatihan bagi peternak untuk melakukan pengolahan pakan saat stok pakan melimpah seperti jerami padi, daunan atau rumput. Salah satunya dengan melakukan fermentasi pakan.

Ilena menambahkan, selain menjaga ketersediaan asupan pakan ternak, saat cuaca ekstrem peternak harus mengantisipasi terjadinya heat stress atau kondisi yang terjadi saat seekor hewan tidak dapat menghilangkan suhu panas secara memadai. Entah saat suhu diproduksi atau diserap oleh tubuh untuk memelihara keseimbangan suhu badan dengan sering diberikan minum.

Dirinya berharap, dengan persiapan strategi dalam memenuhi kebutuhan hewan ternak, peternak bisa berproduksi maksimal dan tetap memutarkan sirkulasi ekonomi peternak dari tingkat terbawah.(nul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: