Kejuaraan Tarkam 2023, Kendal jadi Percontohan, 688 Atlet Ikut Meramaikan

Kejuaraan Tarkam 2023, Kendal jadi Percontohan, 688 Atlet Ikut Meramaikan

PEMBUKAAN - Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora, Imam Gunawan bersama Bupati Dico M Ganinduto, Wabup Basuki, dan Kepala Disporapar Kendal melakukan aksi servis bola voli tanda dibukanya Kejuaraan Tarkam 2023, Jumat (15/9/2023), Stadion Utama Kebondalem.-red/sef-

KENDAL - Ajang perdana Kejuaraan Tarkam Tahun 2023 yang dibidani Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) RI resmin digelar di Kabupaten Kendal selama 3 hari, yakni Jumat sampai Senin (15-18/9/2023). Bukan hanya perdana, event ini juga menjadi istimewa karena menjadikan Kendal sebagai percontohan perlombaan antar kampung ini.

Kegiatan sendiri dilaksanakan di dua tempat, yakni GOR Bahurekso Kendal dan Stadion Utama Kendal. Jumat (15/9/2023) kemarin acara dibuka oleh Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora, Imam Gunawan. Ikut mendampingi pembukaan ini adalah Bupati Kendal Dico M Ganinduto, Wakil Bupati  Windu Suko Basuki, serta Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kendal, Irham Chalid.

Kejuaraan Tarkam 2023 diikuti oleh 688 peserta lomba tarkam dari 20 kecamatan se-Kabupaten Kendal. Kepala Disporapar Kendal, Irham Chalid mengatakan, melalui ajang yang dibidani Kemenpora ini harapannya bisa membudayakan olahraga masyarakat sampai tingkat kampung.

"Tarkam yang dilombakan meliputi kejuaraan bola voli, atletik dan bulu tangkis dan digelar di dua tempat, yaitu di GOR Bahurekso Kendal dan Stadion Utama Kendal," ungkap Irham Chalid.

Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora, Imam Gunawan mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kendal yang sudah menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini. Karena baru pertama kali dilaksanakan oleh Kemenpora, agar kegiatan olahraga bisa menyentuh lapisan masyarakat ditingkat kampung atau desa-desa di Indonesia.

Ia juga mengatakan, bahwa Kemenpora telah memantau dinamika olahraga di Kendal cukup lumayan bagus, sehingga dijadikan semacam percontohan kejuaraan Tarkam 2023 yang pertama kalinya dilaksanakan oleh Kemenpora untuk pengembangan prestasi.

"Semoga Kendal ini bisa menjadi contoh yang baik, dan bisa menjadi contoh yang terbaik untuk prestasi dunia," tutur Imam Gunawan.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dalam acara tersebut mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora yang sudah memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada Pemkab Kendal untuk melaksanakan kegiatan kejuaraan antar kampung, yang mana ini pertama kali diselenggarakan oleh Kemenpora sebagai percontohan.

"Mudah-mudahan Kendal menjadi daerah yang bisa memberikan yang terbaik, sehingga pelaksanaan Tarkam dari Kemenpora kedepannya bisa semakin baik," tutur Bupati Dico.

Menurut Bupati Kendal, kejuaraan ini merupakan sebuah kebanggaan bagi Pemkab Kendal, karena dijadikan salah satu daerah yang dipertandingkan oleh Kemenpora terkait dengan kejuaraan Tarkam.

Ia berharap, melalui acara ini dapat meningkatkan kemampuan dan kapasitas kejuaraan antar kampung, yang tadinya hanya kejuaraan antar kampung di daerahnya masing-masing, kedepannya bisa diselenggarakan di seluruh wilayah Indonesia, dan bertahap jenjangnya dari kampung ke kecamatan, Kabupaten, provinsi sampai nasional.

"Olahraga ini merupakan salah satu upaya kita dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, karena dengan berolahraga dan mengikuti kompetisi bisa melahirkan karakter yang berdaya saing di Kabupaten Kendal," tutur Bupati Dico.

Bupati Kendal juga mengatakan, bahwa kegiatan ini adalah titik awal untuk terus berupaya menyelenggarakan event-event olahraga yang baik di Kabupaten Kendal, dan Pemkab Kendal akan berupaya memperbaiki fasilitas-fasilitas olahraga yang ada di Kabupaten Kendal. (red/sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: