Sambel Trasi Enak, Inovasi Pembelajaran Menjadi Menyenangkan dan Bermakna

Sambel Trasi Enak, Inovasi Pembelajaran Menjadi Menyenangkan dan Bermakna

DOK - Keasyikan para siswa saat mengaplikasikan sambel trasi enak.-Malekha-

KOTA - Belajar Bersama Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan atau disingkat Sambel Trasi Enak ini menjadi inovasi Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pendidikan dimana didalamnya terdapat beberapa macam bentuk pembelajaran yang dikemas dengan cara bermain.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Zainul Hakim melalui kabid PAUD dan PNF, Sherly Imanda Hidayah pada kegiatan festival Sambel Trasi Enak yang digelar di halaman Kantor Sekretariat Daerah setempat, Senin (18/9/2023) menuturkan bahwa pembelajaran anak SD di fase A harus dikolaborasikan dengan cara bermain, di fase awal peserta didik tidak akan merasa nyaman ketika dihadapkan dengan materi literasi numerasi yang monoton. Mereka akan lebih nyaman ketika dikenalkan literasi numerasi dengan sarana prasarana yang berwarna warni dan tidak baku.

“Bentuk pembelajaran bisa dikolaborasikan ke permainan semisal di mata pelajaran PPKN, bisa kita komunikasikan lewat permainan ular tangga diranahkan dengan bulir-bulir pancasila, intinya guru harus bisa memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna dalam satu kesatuan,” terangnya.

Selain itu metode pembelajaran lain yang bisa dikolaborasikan dengan mata pelajaran lain antara lain eksplorasi loose parts dengan metode ini diharapkan dapat mengembangkan kreativitas anak dalam membuat suatu karya dan mengungkapkan ide/gagasan, estafet bola melatih sikap hati-hati dalam bermain, melatih aspek psikomotorik halus maupun kasar, dan melatih kerjasama, bermain ular untuk mengenal nilai-nilai sosial dalam diri dan bermain pasir untuk melatih konsentrasi.

Sementara itu, Bunda PAUD Kota Pekalongan, Inggit Soraya yang menyaksikan langsung festival Sambel Trasi Enak bersama Walikota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid mengungkapkan bahwa inovasi ini merupakan bentuk partisipasi dukungan dari tenaga pendidik dan organisasi profesi dengan memberikan sejumlah inovasi bentuk pembelajaran yang mudah dan gampang diterapkan. 

“Saya berharap, tenaga pendidik bisa lebih semangat berkreasi membuat pengajaran yang menarik menyenangkan tetapi tetap tepat sasaran, saya yakin transisi PAUD-SD di kota Pekalongan dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” pungkasnya. (mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: