Bagaimana Menilai Anak Siap Masuk SD? Simak 5 Tandanya!

Bagaimana Menilai Anak Siap Masuk SD? Simak 5 Tandanya!

Bagaimana Menilai anak siap masuk SD--Freepik.com

Sebagai pakar tumbuh kembang anak, Truly juga menekankan pada keterampilan motorik kasar dan halus yang diperoleh anak usia sekolah.

 Kami menemukan bahwa orang tua perlu terus memperhatikan keterampilan motorik kasar dan halus sejak anak usia dini hingga usia ini.  

Keterampilan motorik kasar merupakan keterampilan yang melibatkan gerakan-gerakan yang menggunakan otot-otot besar tubuh.   

BACA JUGA:Apakah Mencatat Materi Merupakan Metode Pembelajaran yang Efektif? Berikut Penjelasannya!

BACA JUGA:Sangat Mudah, Inilah 3 Cara Menanam Kaktus Koboi Di Dalam Pot, Dijamin Tumbuh Dengan Subur

Sedangkan keterampilan motorik halus merupakan keterampilan yang memerlukan otot-otot kecil dan koordinasi tangan-mata. Keterampilan motorik halus diperlukan untuk memotong dan memegang pensil dengan benar.  

 4. Kemampuan kognitif yang unggul  

Selain itu, Truly percaya bahwa anak-anak memerlukan keterampilan kognitif khusus untuk siap memasuki sekolah dasar. Anak-anak memperoleh keterampilan kognitif melalui pengetahuan tentang kesadaran dan emosi, melalui upaya mereka untuk mempelajari sesuatu melalui pengalaman mereka sendiri.  

Keterampilan kognitif anak tidak hanya berkaitan dengan logika saja, seperti menyelesaikan masalah melalui puzzle, namun juga pada warna dan ukuran benda. 

Truly menyebutkan beberapa hal yang harus diperhatikan orang tua sebelum anaknya masuk sekolah dasar. Apakah anak kamu siap menghadapi tantangan-tantangan di atas? Terus berikan dukungan terbaik agar anak kamu bisa belajar maksimal.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: