Khawatir Anak Sulit Belajar? Yuk Simak Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah, Segera Coba!

Khawatir Anak Sulit Belajar? Yuk Simak Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah, Segera Coba!

Cara mengatasi kesulitan belajar siswa di sekolah --Freepik.com

Mencatat dan membuat peta pikiran dapat membantu siswa belajar dan meninjau kembali apa yang diajarkan.  

6. Pendekatan individual 

Tidak semua kesulitan belajar siswa dapat diatasi melalui metode tradisional atau kelompok. Dalam beberapa kasus, penanganan kesulitan belajar siswa harus dilakukan melalui pendekatan personal atau individual antara guru dan siswa. Guru yang cerdas dapat melakukan pendekatan personal dengan cara berinteraksi dengan siswa dan berkomunikasi secara langsung dan terbuka. Guru yang cerdas mengajukan pertanyaan yang memberikan informasi tentang proses pembelajaran dan apa yang menghambat siswa untuk memahami pelajaran. 

 Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam membantu siswa mengatasi kesulitan belajar. Namun, tidak ada salahnya guru yang cerdas bekerja sama dengan orang tua untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar menemukan solusi yang tepat. 

BACA JUGA:300 Warga Dua Desa dan Aparat Gabungan Diterjunkan, Kebakaran Hutan Pinus di Kalijoyo Berhasil Dipadamkan

BACA JUGA:Buka Muktamar Rifa'iyah X, Zulkifli Hasan Gandeng Rifa'iyah Buka 1.000 Warung 

Faktor penyebab kesulitan belajar pada siswa  

Tidaklah mungkin untuk menggeneralisasi bagaimana kesulitan belajar dapat diatasi bagi setiap siswa. Guru yang cerdas perlu memahami faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa. 

Dengan cara ini, guru yang cerdas dapat mengidentifikasi permasalahan pembelajaran dan mencari cara untuk mengatasinya. Kemudian kamu dapat mengambil langkah-langkah untuk mengatasi kesulitan belajar siswa kamu.  

Ada banyak alasan mengapa siswa menghadapi hambatan dalam perjalanannya, menghambat kemajuan belajar mereka dan menyebabkan kegagalan mereka. Zainal Aqib (2002:62-67) menulis bahwa faktor penyebab kesulitan belajar dapat dibedakan menjadi dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal yang menghambat belajar siswa antara lain faktor biologis, kesehatan, faktor psikis, kecerdasan, perhatian, minat, bakat, dan emosi.

Faktor luar yang mempengaruhi belajar siswa antara lain adalah lingkungan sekitar, faktor lingkungan rumah, faktor ekonomi rumah, faktor lingkungan sekolah, dan faktor lingkungan masyarakat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: