Masih Muda Tapi Gampang Capek dan Pegal? Jangan-Jangan Kamu Kekurangan 7 Vitamin Ini

Masih Muda Tapi Gampang Capek dan Pegal? Jangan-Jangan Kamu Kekurangan 7 Vitamin Ini

Vitamin untuk menghilangkan capek dan pegal--freepik

Vitamin B1 (tiamin) ampuh untuk menghilangkan capek dan pegal karena bekerja langsung pada otot. Jika konsumsi vitamin B1 tidak mencukupi, tanda utama yang bisa terlihat adalah kecapekan.

Kekurangan Vitamin B1 menyebabkan gangguan pada otot, khususnya kerusakan otot lurik. Otot lurik atau otot rangka adalah otot yang digunakan anggota tubuh untuk bergerak.

Vitamin B1 atau thiamin ini harus dipenuhi secara harian agar tubuh tak merasakan pega-pegal. Makanan yang kaya thiamin seperti daging, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau.

6. Vitamin B3 (Niacin) 

Selanjutnya vitamin yang efektif hilangkan capek adalah B3. Vitamin ini walau sering dikenal manfaatnya luar biasa terhadap kulit, ternyata mampu juga untuk menyembuhkan ketegangan otot. Makanan sumber niacin termasuk daging, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. 

7. Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

Vitamin B5 berperan dalam produksi energi dan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. Ini juga dapat membantu mengurangi stres yang dapat menyebabkan otot tegang dan pegal. Sumber vitamin B5 termasuk daging, ikan, sayuran, dan telur.

BACA JUGA:Cocok untuk Pekerja Kantoran, Inilah Vitamin untuk Mengatasi Badan Pegal Linu

BACA JUGA:Daftar Multivitamin yang Aman untuk Lambung dan Ginjal Terbaik Tahun 2023

Penting untuk diingat bahwa vitamin bukanlah satu-satunya untuk cara untuk mengatasi badan pegal.

Nutrisi yang seimbang, istirahat yang cukup dan olahraga teratur juga merupakan faktor penting untuk mengatasi badan capek dan pegal. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin agar tubuh bekerja lebih optimal. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: