Wajib Disimak! 7 Manfaat Tidur Nyenyak buat Kesehatan Tubuh dalam Janka Panjang

Wajib Disimak! 7 Manfaat Tidur Nyenyak buat Kesehatan Tubuh dalam Janka Panjang

Manfaat Tidur Nyenyak--Freepik.com

Tidur bisa meningkatkan konsentrasi pikiran. Jadi, jangan dianggap sepele karena dengan tidur bisa menjadikan sehat dan bugar. 

Kurang tidur dapat menurunkan tingkat konsentrasi. Salah satu manfaat tidur nyenyak yang dilakukan sehari-hari membuat kerja jadi lebih semangat.

4. Bantu Tingkatkan Mood Bahagia

Tidur yang berkualitas bisa menyegarkan pikiran. Sehingga siap untuk menjalani hari-hari. 

Tidur nyenyak adalah waktu dimana otak memproses pikiran dan emosi agar terjadi reaksi yang baik. Kurang tidur bukan hanya membuat tubuh mudah lelas dan cemas, tapi juga rawan memiliki emosi negatif. 

Manfaat tidur nyenyak secara mental dapat meningkatkan mood. Sehingga rasa cemas pun bisa terkontrol dengan baik. 

5. Mencegah Penyakit Diabetes

Tidur yang nyenyak dalam jangka panjang dapat mencegah penyakit diabetes. Hal ini karena tidur nyenyak sudah tak membutuhkan makan lagi. 

Berbeda jika begadang yang otomatis akan meningkatkan hormom nafsu makan. Nah, makan di malam hari pada waktu tidur bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes. 

Apalagi kalau prinsipnya ketika tidak bisa tidur maka makan dulu sebelum tidur, maka risikonya tinggi. Dimana yang paling bahaya adalah makan sejam sebelum tidur di jam 12 malam. 

6. Mencegah Obesitas

Perlu diketahui bahwa, kurang tidur di malamm hari akan meningkatkan risiko diabetes. Sebab sering makan di malam hari untuk memenuhi rasa lapar menjadikan badan gemuk. 

Konsumsi kalori banyak di malam hari bisa meningkatkan berat badan. Maka, manfaat tidur nyenyak bisa mencegah risiko obesitas. 

Makan saat waktunya tidur bisa meningkatkan lemak di dalam tubuh. Sebab tsudah tak ada lagi aktivitas yang dapat membakar kalori. 

Akhirnya kalori yang tak digunakan untuk aktivitas jadi tersimpan di dalam stok lemak tubuh. Inilah yang menjadikan berat badan tubuh makin bertambah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: alodokter