Mengenal Apa itu Diet Rendah Garam dan 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Mengenal Apa itu Diet Rendah Garam dan 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

diet rendah garam-freepik.com-freepik.com

RADARPEKALONGAN - Dari berbagai jenis diet yang ada, terdapat diet rendah garam. Nah apa yang dimaksud dengan diet rendah garam ini dan apa saja manfaatnya, mari simak pada artikel ini. 

Jika melihat pada namanya diet rendah garam ini sudah pasti dilakukan dengan meminimaliair jumlah garam yang dikonsumsi. Hal ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. 

Diet rendah garam ini bukanlah diet yang dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Sebab jika kita kekurangan garam pun tidak baik untuk kesehatan. 

Nah biasanya diet rendah garam ini dianjurkan untuk para penderita tekanan darah tinggi atau gagal jantung. Pada diet ini benar-benar perlu menyeimbangkan antara natrium dalam tubuh dengan nutrisi yang lain. Nah diet rendah garam yang cukup familiar adalah diet DASH. 

BACA JUGA:Punya Tekanan Darah yang Tinggi? Coba Menu Diet DASH Seminggu Ini Cocok untuk Penderita Hipertensi

BACA JUGA:Bikin Makanan untuk Diet Sehat dengan 5 Pemanis Alami Pengganti Gula, Dijamin Lebih Aman

Tips Diet Rendah Garam

  1. Hindari makanan olahan atau cepat saji
  2. Kurangi penggunaan garam pada masakan
  3. Kurangi penggunaan bumbu racikan atau kemasan
  4. Pilihlah produk makanan yang rendah garam
  5. Perbanyak makanan yang segar

Manfaat Diet Rendah Garam

1. Menurunkan risiko kanker usus

Konsumsi garam yang terlalu banyak pada ternyata tidak baik, karena dapat menyebabkan kerusakan mukosa perut yang kemudian dapat membuat iritasi pada usus dan meningkatkan bakteri H. Pyolari yang dapat meningkatkan risiko kanker pada usus. 

Konsumsi garam sebaiknya diminimalkan, jangan sampai melebihi batas normal atau lebih dari 5 gram natrium per hari. Jika sampai kelebihan maka risiko kanker dapat meningkat menjadi 12%. 

2. Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang

Garam meiliki sifat ion yang dapat mengontrol jumlah penarikan kalsium yang ada pada tulang, yang di mana kalsium ini sebenarnya sangat berpengaruh untuk menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis. 

Jadi apabila mengonsumsi cukup banyak garam, maka kalsium dalam tulang pun dapat berkurang dan berefek pada pengeroposan pada tulang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: