Ingin Memiliki Tubuh Sehat dan Kuat? Inilah 6 Jenis Makanan untuk Mencegah Osteoporosis yang Wajib Diketahui

Ingin Memiliki Tubuh Sehat dan Kuat? Inilah 6 Jenis Makanan untuk Mencegah Osteoporosis yang Wajib Diketahui

Jenis makanan untuk mencegah osteoporosis-ilustrasi keju merupakan produk olahan susu yang dapat mencegah osteoporosis-Freepik.com

Tidak hanya kalsium saja, namun ada beberapa produk susu yang memiliki kandungan Vitamin D yang juga baik untuk tulang. Sebab, vitamin D ini dipercaya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tulang. Sehingga risiko kalian terkena pengeroposan tulang akibat osteoporosis dapat berkurang.

Sementara untuk jenis susu dan produk olahan lainnya ini bisa berupa susu sapi asli, keju, ataupun yoghurt.

Nah, bagi kalian seorang vegetarian yang tidak dapat mengonsumsi susu sapi dan produk olahan lain dari susu sapi Kalian tidak perlu khawatir.

Karena selain susu sapi, masih ada susu almond dan susu kedelai yang mana kandungannya tak kalah hebat dari susu sapi dan tentunya juga dapat melindungi tulang dari osteoporosis.

BACA JUGA:Apa Itu Osteoporosis? Bagaimana Gejala dan Penyebab Osteoporosis, Ini Cara Mengobatinya

BACA JUGA:Wajib Dicoba! Inilah 4 Gerakan untuk Mencegah Osteoporosis yang Mudah Dilakukan Segala Umur

2.  Ikan

Jenis makanan untuk melindungi tulang dari osteoporosis yang selanjutnya adalah ikan. Jenis ikan untuk mencegah osteoporosis sendiri adalah ikan salmon dan sarden.

Sebab kedua jenis ikan tersebut mengandung Vitamin D dan asam lemak omega-3 yang tinggi. Sehingga ketika kalian mengonsumsi kedua jenis ikan ini, secara tidak langsung dapat menguatkan tulang dan menjaga kepadatan tulang.

3. Sayuran Hijau

Bagi kalian para vegetarian yang tidak bisa mengonsumsi semua jenis hewani, kalian masih dapat melindungi tulang dari pengeroposan akibat osteoporosis dengan cara mengonsumsi sayuran hijau. Sebab, sayuran hijau ini merupakan jenis makanan yang mengandung banyak vitamin.

Salah satunya yakni vitamin C. Vitamin C yang terkandung di dalam sayuran hijau ini berguna dalam memproduksi sel-sel pembentukan tulang. Selain vitamin C, sayuran hijau juga mengandung vitamin K yang mana termasuk ke dalam vitamin B kompleks.

Seperti yang diketahui vitamin B komples ini berperan penting dalam proses pembekuan. Namun, vitamin K dalam vitamin B kompleks tidak hanya bermanfaat untuk hal tersebut saja. 

Vitamin B kompleks ini juga dapat meningkatkan kesehatan tulang. Sehingga bila tubuh kekurangan vitamin B, maka dapat melemahkan tulang. 

BACA JUGA:Inilah Penyebab Osteoporosis dan 3 Jenis Olahraga Mencegah Osteoporosis untuk Semua Umur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: