Antisipasi Halinar, Petugas Gabungan Sidak Kamar Hunian dan Tes Urine di Rutan Pekalongan

Antisipasi Halinar, Petugas Gabungan Sidak Kamar Hunian dan Tes Urine di Rutan Pekalongan

Hasil penggeledahan kamar hunian warga binaan di Rutan Kelas IIA Pekalongan.-Wahyu Hidayat/Radar Pekalongan-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN – Tak hanya di Lapas Pekalongan, sidak kamar hunian dan tes urine terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), tahanan, maupun napi juga dilakukan di Rutan Kelas IIA Pekalongan.

Sidak kamar hunian dan tes urine di Rutan Pekalongan kali ini dilakukan oleh petugas gabungan dari Rutan Pekalongan, BNN Kabupaten Batang, Polres Pekalongan Kota, dan melibatkan pula personel Kodim 0710/Pekalongan pada Kamis malam (9/11/2023).

Dalam pelaksanaannya, petugas gabungan secara ketat menggeledah satu per satu barang milik WBP atau napi serta para tahanan. Tak ada satu pun barang atau bagian kamar yang luput dari pemeriksaan oleh petugas. 

Kegiatan sidak ini dilakukan untuk memberantas tuntas adanya peredaran Handphone, Pungli, dan Narkoba (Halinar) di dalam Rutan setempat.

BACA JUGA:Geledah Kamar Napi, Petugas Lapas Pekalongan dan BNN Tak Temukan Narkoba dan HP

BACA JUGA:Perkuat Sinergitas, Karutan Pekalongan yang Baru Lakukan Kunjungan Perdana ke PN Pekalongan

Penggeledahan kamar dilakukan secara menyeluruh dari kamar 1 hingga kamar 13 dengan kategori kamar pidum (pidana umum), narkotika, wanita, lansia, tidak merokok hingga kamar tamping (tahanan pendamping). Dimana, saat ini jumlah penghuni Rutan sebanyak 235 orang.

Kepala Rutan Kelas IIA Pekalongan, Sastra Irawan saat mengungkapkan dari hasil sidak ini, tidak ditemukan HP maupun narkoba. Melainkan hanya menemukan beberapa barang yang dilarang berada di kamar hunian para napi maupun tahanan.

Adapun barang barang temuan tersebut, di antaranya beberapa barang logam berupa sendok, paku, gunting kuku serta barang lain yakni sabuk, kartu remi buatan dan botol kaca.

"Barang-barang tersebut nantinya kami musnahkan. Kemudian, untuk temuan narkoba dan handphone nihil," kara Karutan Pekalongan Sastra Irawan.

Demikian pula untuk tes urine. Hasil tes urine 10 orang warga binaan yang diambil sampel juga dinyatakan negatif. 

BACA JUGA:WBP Rutan Pekalongan Dilatih Kembangkan Budidaya Cacing

Menurutnya Sastra, kegiatan penggeledahan atay sidak dan razia sering dilakukan pada hari biasa. Namun, untuk kali ini spesial karena perintah langsung dari Dirjenpas (Direktorat Jenderal Pemasyarakatan) dan Kantor Wilayah untuk melakukan razia gabungan Aparat Penegak Hukum (APH).

"Terima kasih tak terhingga kami ucapkan kepada pihak yang siap membantu dan bersinergi dalam pelaksanaan tugas khususnya giat pada malam hari ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: