Memiliki Mata Sehat Sampai Tua? Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Wajib Kalian Ketahui

Memiliki Mata  Sehat Sampai Tua? Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Wajib Kalian Ketahui

cara menjaga kesehatan mata -ilustrasi cara menjaga kesehatan mata dengan kacamata anti uv-freepik.com

Dengan memggunakan smartphone terlalu lama dapat menyebabkan mata lelah dan timbul gejala seperti sakit kepala, nyeri leher, nyeri hati, nyeri punggung, mata kering, hingga berakhir ke pandangan menjadi kabur.

Namun, jika memang kalian diharuskan untuk bekerja di depan smartphone atau barang elektronik lainnya seperti laptop atau komputer sepanjang hari, sebaiknya istirahatkan mata dengan mengalihkan padangan selama 20 detik setiap 20 menit sekali.

Kalian juga bisa mengistirahatkan mata 15 menit setiap 2 jam sekali.

BACA JUGA:Inilah Daftar Jus Buah untuk Kesehatan Mata Agar Tidak Rabun dan Buram

BACA JUGA:Tak Sekadar Gaya, Simak Manfaat Kacamata Hitam untuk Kesehatan Mata

Hal ini bertujuan agar mata tidak merasa lelah dan kering, kalian pun bisa terhindar dari stres. Namun, bila mata tetap terasa kering, kalian harus sering mengedipkan mata atau menggunakan obat tetes mata.

5. Penggunaan Cahaya yang Cukup

Selain mengurangi penggunaan gawai atau barang elektronik lainnya, ketika bekerja kalian juga perlu menggunakan cahaya yang cukup.

Sebab, jika kalian dengan cahaya yang minim, tentunya dapat menyebabkan mata menjadi lelah. Namun, jangan juga menggunakan cahaya yang terlalu terang, karena hal tersebut tidaklah baik.

Jadi, sebaiknya salah satu cara  untuk menjaga mata tetap sehat yakni dengan cara mengarahkan cahaya terbaik. Jika kalian bekerja menggunakan komputer, kalian bisa menggunakan lampu meja bercahaya lembut dari arah samping.

BACA JUGA:Menjaga Kesehatan Mata, Ini Dia 10 Makanan agar Fungsi Penglihatan Tetap Optimal

BACA JUGA:Efektif Menjaga Kesehatan Mata Lewat 11 Suplemen Multivitamin Terbaik, Yuk Simak Penjelasannya!

Selain itu juga usahakan untuk mengurangi tingkat terang pada monitor. Meskipun warnanya menjadi tidak terlalu tajam, tapi langkah tersebut akan membuat mata kalian menjadi lebih nyaman.

 Itu dia 5 cara menjaga kesehatan mata. 5 cara tersebut saling berkaitan, jadi sebaiknya kalian lakukan semua langkah tersebut untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Selain melakukan kelima cara tersebut, kalian juga perlu rutin berolahraga agar dengan berolahraga dipercata dapat mengurangi risiko penyakit mata.  Bahkan, dapat menurunkan risiko kehilangan penglihatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: