Bunda Wajib Tahu! Inilah 5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Anak Selama Musim Hujan agar Tidak Mudah Sakit

Bunda Wajib Tahu! Inilah 5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Anak Selama Musim Hujan agar Tidak Mudah Sakit

tips menjaga kesehatan tubuh anak selama musim hujan-ilustrasi tips menjaga kesehatan tubuh anak selama musim hujan-freepik.com

Selain itu juga ada imunisasi Polio untuk mencegah anak dari penyakit Poliomyelitis yang dapat membuat kelumpuhan, imunisasi DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus) yang mencegah 3 penyakit, dan imunisasi MR untuk mencegah campak dan rubella.

4. Mengajak Anak Rutin Berolahraga

Tidak hanya menjaga nutrisi dalam tubuh, bunda juga perlu mengajak anak melakukan aktivitas fisik secara rutin, seperti berolahraga.

BACA JUGA:Wajib Baca! Inilah 6 Cara Mencegah Kutu Air Pada Kaki Saat Musim Hujan Tiba

BACA JUGA:Ingin Terhindar Dari Kutu Air dengan Mudah? Inilah 7 Cara Menghilangkan Kutu Air yang Membandel

Dengan berolahraga tidak menyehatkan, namun juga memberikan kesempatan si kecil bersosialisasi, meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan konsentrasi, dan mendorong tubuh kembang si kecil menjadi anak yang sehat dan kuat.

Tidak hanya itu saja, dengan berolahraga si kecil juga dapat tidup derngan nyenyak. Jadi, yuk buat buat anak menganggap olahraga menjadi kegiatan yang menyenangkan dan rutinitas baru yang menyehatkan.

5. Terapkan Waktu Tidur yang Teratur

Setiap anak memiliki durasi tidur yang berbeda-beda tergantung usia. Misal, untuk anak usia 2 tahun, mereka membutuhkan waktu tidur 13 jam.hari, usia 3-4 tahun 12 jam/hari, dan usia 5-7 tahun menjadi 11 jam/har.

Sementara untuk 7 tahun ke atas membutuhkan masa tidur 8-10 jam/hari.

BACA JUGA:Rekomendasi Obat Ampuh Atasi Panu, Mulai dari Topikal Hingga Oral

BACA JUGA:Pantes Panuan, 8 Penyebab Munculnya Panu di Badan, Nomor 5 Pasti Sering Kamu Lakukan

Untuk itu, sebaiknya ajarkan si kecil untuk bersiap-siap tidur sebelum atau pada pukul 9 malam. Bersiap-siap di sini berarti hindari anak bermain hp atau menonton tv. Hal ini dilakukan agar mereka mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas.

Anak yang mendapatkan waktu tidur yang nyenyak dan berkualitas akan menjadi lebih kreatif, meningkatkan kosentrasi, serta mampu memecahkan masalah lebih baik.

Itulah 5 tips menjaga kesehatan anak selama musim hujan. Selain kelima tips di atas, ajarkan anak pula untuk selalu mencuci tangan sebelum atau setelah melakukan sesuatu, serta setelah keluar dari rumah. (NAD)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: