Pantes Panuan, 8 Penyebab Munculnya Panu di Badan, Nomor 5 Pasti Sering Kamu Lakukan

Pantes Panuan, 8 Penyebab Munculnya Panu di Badan, Nomor 5  Pasti Sering Kamu Lakukan

penyebab munculnya panu di badan-ilustrasi gatal-gatal yang disbabkan oleh panu-freepik

RADARPEKALONGANDISWAY.ID - Sebelum terjadi kamu perlu mengetahui beberapa penyebab munculnya panu di badan yang bermula dari kebiasaan sehari-hari. panu merupakan infeksi jamur pada kulit yang disebabkan oleh golongan jamur Malassezia.

Infeksi jamur tersebut dapat menyebabkan gangguan pada pigmen kulit sehingga menimbulkan bercak yang berwarna lebih terang atau lebih gelap di permukaan kulit. Hal ini pastinya bisa menurunkan tingkat kepercayaan dirimu.

Eits, tapi kamu tidak perlu terlalu khawatir, karena panu, yang juga dikenal dengan pityriasis versicolor atau tinea versicolor, bukanlah penyakit menular.

Panu muncul secara perlahan, kemudian seiring berjalannya waktu menyatu dan membentuk bercak kulit yang lebih besar.

Sebenarnya, belum diketahui secara pasti apa yang memicu terjadinya pertumbuhan jamur secara tidak terkendali tersebut. Tetapi, terdapat dugaan bahwa kondisi ini berkaitan dengan beberapa faktor, seperti kulit berminyak dan perubahan hormon.

BACA JUGA:Hempas Jamur! 4 Cara Menghilangkan Panu di Wajah Aman dan Ampuh, Tersedia Di Apotek

BACA JUGA:Rekomendasi Obat Ampuh Atasi Panu, Mulai dari Topikal Hingga Oral

Maka dari itu, munculnya panu berbeda-beda pada setiap orang. Tergantung kondisi tubuh factor-faktor tertentu dalam tubuh tiap orang.

Tapi kamu tau nggak sih, kalau beberapa kebiasaan ini juga dapat memicu adanya penyakit panu yang menyebar di tubuh. Yuk kita simak, apa saja sih kebiasaan yang bisa jadi penyebab munculnya panu di badan yang mungkin sering kamu lakukan juga.

Penyebab Munculnya Panu di Badan

1. Kondisi cuaca

Tidak bisa dipungkiri, kalau di masa musim kemaru seperti sekarang dengan suhu panas yang tinggi, ini juga menjadi salah satu faktor penyebab munculnya panu di badan.

Nah, jika kamu tinggal di lingkungan yang memiliki suhu lebih hangat dan lembap bisa menjadi pemicu terjadinya panu pada kulit.

Sebab, cuaca lembab tersebut dapat membuat jamur di kulit akibat panu dapat tumbuh secara abnormal dan memicu terjadinya panu pada tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: