Praktis dan Sangat Mudah, Berikut Ini Tips untuk Menjaga Kesehatan Mata, Agar Mata Jadi Terang dan Sehat

Praktis dan Sangat Mudah, Berikut Ini Tips untuk Menjaga Kesehatan Mata, Agar Mata Jadi Terang dan Sehat

Tips untuk Menjaga Kesehatan Mata--freepik.com/cookie_studio

BACA JUGA: 6 Tips Merawat Kesehatan Mata Agar Terhindar dari Mata Minus Atau Plus, Perhatikan Ya!

Gunakan Kacamata Hitam

Saat berada di luar ruangan di bawah sinar matahari tengah hari, pakailah kacamata hitam untuk melindungi mata kamu dari sinar ultraviolet yang berbahaya. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko katarak, pinguecula, dan masalah mata lainnya.

Gunakan kacamata yang melindungi 99% hingga 100% sinar UVA dan UVB. Kacamata hitam juga melindungi kulit kelopak mata untuk mencegah kerutan di sekitar mata dan risiko kanker kulit.

Periksakan ke Dokter Spesialis Mata

Periksakan mata setidaknya setiap dua tahun sekali. Semua orang membutuhkan pemeriksaan mata secara teratur, bahkan anak-anak. Hal ini membantu melindungi penglihatan dan memungkinkanmu untuk melihat dengan lebih baik.

Pemeriksaan mata juga dapat memberikan informasi tentang penyakit, seperti glaukoma, penyakit mata yang tidak memiliki gejala.

Pemeriksaan mata sangat penting untuk mengetahui penyakit mata yang mungkin kamu miliki selagi masih dapat diobati sebelum terlambat.

Istirahatkan Mata

Jika mata lelah setelah bekerja dan menatap layar komputer terus-menerus, istirahatkan mata dengan mengalihkan pandangan dari monitor komputer.

Jika mata sering lelah dan terasa tidak normal, bisa jadi ini merupakan tanda dari beberapa kondisi mata, seperti mata kering, presbiopi, atau kacamata dengan lensa yang tidak tepat. 

Pemeriksaan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi meningkatkan risiko stroke. Stroke terjadi ketika pembuluh darah di otak mengalami pendarahan atau tersumbat. Hal ini dapat memengaruhi penglihatanmu jika terjadi di bagian otak yang digunakan untuk melihat.

Hal ini juga dapat menyebabkan bintik-bintik buta pada penglihatan, yang membuat kamu kesulitan membaca dan tidak dapat lagi mengemudi.

Jika pembuluh darah di bagian belakang mata berdarah atau tersumbat, hal ini dapat sangat memengaruhi penglihatan dan pada beberapa kasus dapat menyebabkan hilangnya penglihatan pada mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: