Inilah Doa Supaya Gampang Menghafal serta Cepat Memahami Pelajaran

Inilah Doa Supaya Gampang Menghafal serta Cepat Memahami Pelajaran

Inilah Doa Supaya Gampang Menghafal -Tangkap layar -Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Kita kerap kali dituntut buat menghafal serta menguasai suatu pelajaran. Tetapi kadangkala kala proses menghafal serta menguasai itu terasa susah dilakukan. Bisa jadi karena sulit konsentrasi, atau banyak fikiran ataupun karena saya ingat memanglah lemah.

Walaupun begitu kita pasti akan berupaya optimal dalam menghafal serta menguasai pelajaran tersebut. Upaya itu dapat dibantu dengan doa sebagai wujud permohonan kepada Allah swt supaya diberikan kemudahan.

Dikutip dari Doa Supaya Gampang Menghafal serta Cepat Memahami Pelajaran. Berikut ini merupakan doa yang dilansir dari Kitab Perukunan Melayu Besar. Isi kitab ini diambil setengahnya dari karya Syekh Muhammad Arsyad Banjar.

فَفَهَّمْنَا سُلَيْمَانَ وَكُلًّا آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُدَ الجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرَ وَكُنَّا فَاعِلِيْنَ يَا حَيُّ، يَا قَيُّوْمُ، يَا رَبَّ مُوْسَى وَهَارُوْنَ وَرَبَّ إِبْرَاهِيْمَ، وَيَا رَبَّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ أَجْمَعِيْنَ اللَّهُمَّ ارْزُقْنِيَ الفَهْمَ وَالعِلْمَ وَالحِكْمَةَ وَالعَقْلَ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Fafahhamnā Sulaimāna, wa kullan ātaynā hukman wa ‘ilman, wa sakhkharnā ma‘a Dāwūdal jibāla yusabbihna wat thayra, wa kunnā fā‘ilīn. Yā hayyu, yā qayyūmu, yā rabba Mūsā wa Hārūn, wa rabba Ibrāhīm, way ā rabba Muhammadin shallallāhu ‘alayhi wa sallama ‘alayhim ajma‘īn. Allāhummarzqniyal fahma, wal ‘ilma, wal hikmata, wal ‘aqla, bi rahmatika, yā arhamar rāhimīn.

Artinya : Kami memberikan pemahaman kepada Sulaiman. Tiap dari mereka Kami berikan kebijaksanaan serta ilmu. Kami tundukkan gunung serta burung kepada Dawud. Mereka bertasbih. Kami lah yang melaksanakan itu seluruh Wahai zat yang hidup, wahai zat yang tegak, wahai Tuhan Musa, Harun, Tuhan Ibrahim, wahai Tuhan Muhammad saw. Ya Allah, karuniakan saya uraian ilmu, kebijaksanaan, serta ide dengan rahmat-Mu wahai zat yang maha pengasih amati Perukunan Melayu Besar, [Jakarta, Alaydrus: tanpa catatan tahun], taman 99).

BACA JUGA:Begini Metode Mudah dan Cepat Menghafal Al-Quran Ala Syekh Ali Jaber

BACA JUGA:Gus Iqdam Bocorkan 5 Tips Rahasia Pembuka Pintu Rezeki Lewat Jalur Langit, Ternyata Gampang Sekali!

Mudah-mudahan lafal doa itu bisa menolong serta mempermudah para pelajar, santri, serta mahasiswa dalam menempuh kegiatan setiap hari Pula untuk siapa saja yang lagi kesusahan dalam menguasai sesuatu pelajaran ataupun hapalan.(*)

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: