Inilah 11 Rekomendasi Obat Alergi Gatal Terbaik dan Ampuh di Apotek yang Dapat Kamu Coba

Inilah 11 Rekomendasi Obat Alergi Gatal Terbaik dan Ampuh di Apotek yang Dapat Kamu Coba

Obat Alergi Gatal Terbaik --freepik.com/freepik

2. Cetirizine

Cetirizine adalah obat yang digunakan untuk berbagai macam alergi. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi efek reaksi alergi yang dilepaskan oleh tubuh (histamin). Dianggap sebagai obat keras, Cetirizine harus diperoleh melalui resep dokter. 

Efek samping dari obat ini termasuk sakit kepala, mengantuk, mulut kering, dan gangguan pencernaan ringan. Tidak dianjurkan untuk digunakan pada pasien dengan gangguan ginjal berat.

3. Hidrokortison

Krim hidrokortison adalah obat untuk mengatasi berbagai macam kondisi kulit, seperti alergi, dermatitis, ruam kulit, dan gatal-gatal di bagian luar alat kelamin wanita. Hidrokortison termasuk dalam obat yang disebut kortikosteroid. 

Karena khawatir terjadi komplikasi, disarankan agar pasien berkonsultasi dengan dokter, apoteker, atau penyedia layanan kesehatan sebelum menggunakannya dengan obat lain.

BACA JUGA:10 Obat Migrain Alami, Cukup Gunakan Ramuan Tradisional yang Ampuh Berikut Ini

4. Alleron

Alleron adalah salah satu dari obat gatal yang paling ampuh. Obat ini berfungsi untuk meredakan gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga atau alergi. Alleron tergolong obat antihistamin yang bekerja menghambat histamin, pemicu reaksi alergi. 

Obat alergi dalam bentuk tablet ini dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak. Pastikan untuk mengikuti dosis yang dianjurkan.

5. Mesol

Bagi penderita gangguan kulit seperti dermatitis dan psoriasis, kamu bisa mencoba obat gatal mesol.

Obat apotek ini termasuk dalam golongan kortikosteroid sehingga efektif untuk meredakan reaksi alergi. Jangan gunakan pada kulit yang gatal karena infeksi atau luka. 

Untuk orang dewasa, konsumsi 4-48 mg tablet per hari. Sedangkan untuk anak di bawah 12 tahun, konsumsi 0,8 - 1,5 mg/kg berat badan per hari, dan tidak boleh melebihi 80 mg per hari. Karena mesol adalah obat keras, sebaiknya digunakan sesuai petunjuk dokter. 

6. Krim Caladine

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: