3 Buku Tentang Perempuan Ini Dilatarbelakangi Isu Patriarki, Cocok Untukmu Para Perempuan

3 Buku Tentang Perempuan Ini Dilatarbelakangi Isu Patriarki, Cocok Untukmu Para Perempuan

3 Buku Tentang Perempuan Ini Dilatarbelakangi Isu Patriarki, Cocok Untukmu Para Perempuan--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Budaya yang melemahkan peran perempuan di masyarakat ini mendapatkan kritik besar, bahkan banyak novel tentang perempuan yang mengangkat isu patriarki.

Sebagai masyarakat dengan tipe kebudayaan kolektivistik, partriarki di Indonesia sudah menjadi isu yang menjamur. 

Novel tentang perempuan dengan isu yang satu ini banyak digemari karena umumnya merupakan bentuk menyuarakan kritik terhadap budaya yang merugikan.

Jika kamu gemar membaca novel tentang perempuan terlebih merupakan pemegang ideologi feminis, maka rekomendasi novel di bawah ini akan snagat cocok untukmu.

Baca sampai akhir, ya!

BACA JUGA Siap Memikatmu! Ini Rekomendasi 3 Novel Sejarah yang Merangkum Jejak Penting Indonesia

Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam Karya Dian Purnomo

Rekomendasi novel tentang perempuan dengan isu patriarki yang pertama datang dari seorang penulis bernama Dian Purnomo. 

Novel ini membahas tentang salah satu adat yang ada di Indonesia, lebih spesifiknya adat Sumba yakni yang bernama kawin tangkap atau yappa mawine. Dalam tradisi ini, perempuan diculik untuk kemudian dinikahkan secara paksa.

Dian Purnomo menceritakan kisah dalam novel ini melalui tokoh utama bernama Magi Diela. Dia melawan orang tua, keluarga, dan adat yang berlaku demi mengambil harga diri dan kebebasannya.

Isu patriarki dalam novel ini sangat menyayat hati, terlebih karena berangkat dari adat yang memang berkembang di Indonesia.

Tidak hanya itu, Dian Purnomo juga memuat adegan pemerkosaan, percobaan bunuh diri, hingga kekerasan dalam novelnya yang satu ini.

Kitab Kawin Karya Laksmi Pamuntjak

Dibandingkan menyajikan kisah panjang, Laksmi Pamuntjak dalam karyanya yang satu ini justru menyuguhkanmu kumpulan cerita pendek tentang dua belas perempuan unik dengan kisah dan persoalannya masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: