1 Tahun 3 Pelajar Tewas Tenggelam di Sungai Brondong, Pemdes Brondong Pasang Papan Peringatan

1 Tahun 3 Pelajar Tewas Tenggelam di Sungai Brondong, Pemdes Brondong Pasang Papan Peringatan

Pemerintah Desa Brondong pasang papan peringatan di tepian Sungai Brondong, agar tidak mandi di sungai.-Hadi Waluyo-

KAJEN - Dalam satu tahun, tiga pelajar tewas tenggelam di Sungai Brondong di Desa Brondong, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan. Dua pelajar SMP dan satu pelajar SMA. Ketiganya pelajar asal Pemalang yang tidak mengenal medan di sungai itu.

Guna mengantisipasi kejadian serupa tak terjadi lagi, Pemerintah Desa (Pemdes) Brondong memasang papan peringatan di sungai itu. Pemasangan dilakukan di titik yang dinilai paling membahayakan yakni di Kedung Jenggolo Manik dan Kedung Gondang.

Kasus Brondong Rohman, Rabu, 13 Desember 2023, mengatakan, di tahun 2023 ini ada tiga pelajar yang tenggelam saat bermain di Sungai Brondong. Tiga bulan lalu, dua pelajar SMP asal Comal, Kabupaten Pemalang tenggelam di Kedung Jenggolo. 

"Kemarin satu lagi pelajar SMA asal Pemalang juga meninggal tenggelam di Sungai Brondong ini. lokasinya di Kedung Gondang. Kedung ini di bawah Kedung Jenggolo lokasi dua pelajar SMP yang sebelumnya tenggelam," terang dia.

Baca juga:Pelajar SMAN Sragi asal Pemalang Tewas Tenggelam di Sungai Brondong Kesesi Kabupaten Pekalongan

Disebutkan, kedalaman Kedung Gondang sekitar 4,5 meter. Lebih dalam Kedung Jenggolo yang bisa mencapai kedalaman 7 meter saat debit sungai besar.

"Kedung itu airnya tampak tenang, Ndak deras makanya kalau Ndak tahu Medan kelihatan asik buat mandi tapi justru Kedung ini lebih dalam dibandingkan lokasi sungai lainnya. Jika tidak bisa berenang membahayakan karena bisa tenggelam," ucap dia.

Oleh karena itu, Pemerintah Desa Brondong memasang papan peringatan di beberapa titik yang dinilai membahayakan. Papan peringatan itu bertuliskan 'Dilarang!!! Bermain atau Mandi di Sungai. BERBAHAYA!'.

Ia berharap, dengan pemasangan papan peringatan tersebut bisa mencegah kejadian orang tenggelam di Sungai Brondong. "Semoga kedepannya tak ada lagi korban meninggal karena tenggelam di Sungai Brondong," harap dia.

Baca lagi:Dua Pelajar SMP asal Pemalang Meninggal Tenggelam di Sungai, Ini Identitas Korban dan Kronologisnya

Sebelumnya diketahui, seorang pelajar kelas XI SMAN Sragi bernama Muhammad Faligulisbah (18), warga Desa Sukorejo, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, ditemukan meninggal tenggelam di Sungai Brondong di Desa Brondong, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Minggu, 10 Desember 2023.

Tiga bulan lalu, dua pelajar SMP asal Kabupaten Pemalang juga meninggal dunia saat mandi di aliran Sungai Paingan di Desa Brondong, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Rabu, 2 Agustus 2023, sekitar pukul 12.15 WIB. Yakni, Firman (15), warga Dusun Balutan RT 005 RW 007 Desa Purwoharjo, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang, dan Fadli (14), warga Desa Jatirejo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: