Inilah 10 Makanan untuk Penderita Maag yang Membantu Penyembuhan secara Alami

Inilah 10 Makanan untuk Penderita Maag yang Membantu Penyembuhan secara Alami

Makanan untuk Penderita Maag --freepik.com/freepik

7. Roti atau Biskuit untuk Camilan

Saat menderita maag, biasanya perutmu perlu diisi setiap beberapa jam sekali agar tidak kosong dan asam lambung tetap normal. Roti adalah pilihan makanan yang tepat untuk penderita maag, terutama roti gandum.

Kandungan vitamin, serat, dan nutrisi pada roti gandum sangat baik untuk mengisi perut dan mencegah maag kambuh. Selain roti, kamu juga bisa mengandalkan biskuit sebagai camilan.

8. Buah Pisang

Kandungan asam dan serat yang rendah pada buah pisang membuat makanan ini cocok dikonsumsi oleh penderita maag.

Teksturnya juga dapat dengan mudah dicerna oleh lambung dan memberikan perlindungan pada kerongkongan yang mengalami iritasi saat maag kambuh.

Perlu diperhatikan bahwa pisang ambon memiliki kandungan asam yang tinggi, sehingga disarankan untuk mengkonsumsi pisang biasa seperti pisang cavendish. 

9. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang mengandung serat dan nutrisi. Setelah makan oatmeal, kamu dapat menahan rasa lapar karena kandungan seratnya yang dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama dari biasanya.

Serat pada oatmeal dapat menyerap asam lambung, sehingga makanan ini cocok untuk penderita maag. 

10. Susu Almond

Kandungan mineral alkali dalam susu almond dapat menetralkan asam lambung, sehingga gejala maag dapat dikurangi atau dihilangkan sama sekali. Susu almond juga rendah lemak.

Jadi, jika kamu penderita maag yang tetap ingin memiliki pola makan yang bergizi, susu almond bisa menjadi minuman pilihan untukmu. 

Kamu bisa meminum susu almond murni secara langsung atau memasukkannya ke dalam minuman campuran seperti smoothies dengan berbagai macam buah-buahan.

Nah, itulah jenis-jenis Makanan untuk penderita maag. Disarankan untuk sering mengonsumsi makanan dalam jumlah sedikit, agar lambung tidak kosong dan menyebabkan iritasi, daripada jarang tapi langsung dalam porsi besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: