Inilah 10 Makanan untuk Penderita Maag yang Membantu Penyembuhan secara Alami

Inilah 10 Makanan untuk Penderita Maag yang Membantu Penyembuhan secara Alami

Makanan untuk Penderita Maag --freepik.com/freepik

Makanan dengan lemak sehat ini dapat mengurangi peradangan pada lambung dan bahkan mencegah H. plyori, bakteri penyebab maag dan penyakit lambung lainnya. 

3. Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang sangat bagus untuk sistem pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan. Dengan mengonsumsi probiotik, kamu dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab maag.

Tidak hanya itu, probiotik juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan juga meningkatkan kemampuan usus dalam menyerap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Beberapa makanan yang termasuk ke dalam probiotik dan baik untuk penderita maag adalah yogurt, asinan kubis, kimchi, kefir, dan kombucha.

4. Protein

Meskipun daging merupakan sumber protein, namun lemaknya dapat berbahaya bagi penderita maag. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi daging tanpa lemak dan kulit.

Caramu memasak daging juga penting. Panggang, rebus, kukus, atau panggang daging, dan jangan menggorengnya karena akan meningkatkan kandungan lemak. 

Daging yang disarankan untuk dikonsumsi seperti dada ayam, putih telur, dan kacang-kacangan.

5. Bahan-bahan Anti Bakteri Alami

Flavonoid adalah bahan dengan sifat antibakteri yang dapat digunakan untuk melawan bakteri H. plyori yang merupakan penyebab utama penyakit maag.

Makanan antibakteri alami dengan flavonoid yang tinggi di antaranya bawang putih, bawang bombay, cranberry, dan seledri.

6. Sayuran Hijau

Seperti yang telah disebutkan pada beberapa poin sebelumnya, sayuran hijau mengandung serat tinggi yang sangat baik untuk sistem pencernaan. Kandungan dalam sayuran hijau juga dipercaya dapat menurunkan kadar asam lambung saat maag sedang kambuh, lho. 

Bagi penderita maag, dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran hijau setidaknya satu kali dalam sehari. Sayuran yang bisa dikonsumsi adalah brokoli, kubis, mentimun, buncis, asparagus, dan selada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: