Ini Dia Berbagai Jenis Vitamin untuk Tulang, Wajib Konsumsi agar Tulangmu Tetap Kuat Sampai Tua

Ini Dia Berbagai Jenis Vitamin untuk Tulang, Wajib Konsumsi agar Tulangmu Tetap Kuat Sampai Tua

Jenis Vitamin untuk Tulang--freepik.com/tirachard

Kamu juga bisa berjemur di bawah sinar matahari untuk membantu tubuh memproduksi vitamin D, namun jangan terlalu lama agar kulit tidak terbakar.

2. Vitamin C

Vitamin C tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh, tetapi juga baik untuk tulang. Vitamin ini dapat membantu tubuh memproduksi kolagen yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Tubuh membutuhkan setidaknya 75-90 mikrogram vitamin C setiap hari. Kamu dapat memenuhi kebutuhan vitamin ini dengan mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, kiwi, stroberi, mangga, pepaya, dan melon.

3. Vitamin K

Memenuhi kebutuhan vitamin K juga dapat membantu proses pembentukan tulang dan mengoptimalkan penyerapan kalsium.

Penelitian bahkan menunjukkan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi vitamin K setelah menopause memiliki kepadatan tulang yang lebih baik dibandingkan wanita yang tidak mengkonsumsinya.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin K, kamu bisa mengonsumsi sayuran seperti bayam, sawi, kangkung, dan brokoli. Dalam satu hari, tubuh membutuhkan sekitar 55-65 mikrogram vitamin K.

4. Vitamin B12

Salah satu jenis vitamin yang juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang adalah vitamin B12. Asupan vitamin yang tidak mencukupi untuk tulang dapat memicu keropos tulang dan membuat tulang menjadi rapuh.

Kebutuhan vitamin B12 untuk orang dewasa adalah sekitar 3,5-4,0 mcg per hari. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini, kamu bisa mengonsumsi susu dan produk setengah jadi, daging ayam, telur, ikan, dan tiram.

Selain mengonsumsi empat vitamin yang tercantum di atas untuk tulang, kesehatan tulang juga perlu dijaga dengan latihan fisik rutin seperti senam aerobik dan angkat beban, serta berhenti merokok dan konsumsi alkohol.

Sedangkan jika ingin mengonsumsi vitamin untuk tulang dalam bentuk suplemen, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui dosis yang tepat.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Makanan Penyebab Pengapuran Tulang, Segera Batasi Konsumsinya Agar Tulangmu Tetap Kuat

BACA JUGA:Lansia Wajib Tahu, Ini Dia Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang Sehari-hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: