6 Efek Samping Minum Rebusan Daun Sukun, Pastikan Minum dengan Tata Cara yang Tepat

6 Efek Samping Minum Rebusan Daun Sukun, Pastikan Minum dengan Tata Cara yang Tepat

Meskipun kaya manfaat untuk kesehatan, daun sukun juga memiliki efek samping yang perlu diwaspadai.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Meskipun daun sukun kaya manfaat untuk obat herbal berbagai penyakit, namun tetaplah bijaksana dalam mengonsumsinya. Waspadai pula efek samping minum rebusan daun sukun seperti gangguan ginjal, sariawan hingga tekanan darah turun.

Daun sukun banyak dimanfaatkan untuk obat alami. Diantaranya untuk mengobati asam urat, penyakit ginjal, mengobati penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol hingga menurunkan kadar gula darah.

Manfaat daun sukun ini diperoleh dari kandungan nutrisi di dalamnya yang luar biasa. Senyawa aktif berupa zat antiinflamasi yang berperan sebagai antioksidan dan antikanker banyak terkandung dalam daun sukun. 

Senyawa yang bermanfaat dari daun sukun meliputi saponin, tanin, asam hidrosianat, kalium, zat quercetin, fenol dan minyak atsiri. Ada pula, eugenol, carvacol, eugenol methylether, cyneole, caryophyliene, ketenol, cadinene senyawa aktif, senyawa akrilik, polifenol, omega 3 dan omega 6, asam amino esensial, dan riboflavin.

Baca juga:6 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya, Obat Penyakit Ginjal, Asam Urat dan Kolesterol

Cara paling sederhana memanfaatkan daun sukun untuk pengobatan alami ialah dengan merebusnya dan meminum airnya secara rutin. Meski demikian, efek samping daun sukun juga perlu diwaspadai, apalagi jika tata cara mengonsumsinya tidak tepat.

Berikut ini enam efek samping minum rebusan daun sukun secara terus menerus dan dengan takaran yang tidak tepat seperti dilansir halodoc:

1. Gangguan ginjal

Kandungan kalium yang tinggi dalam daun sukun berbahaya bagi kesehatan ginjal. Potensi ini bisa muncul jika dikonsumsi terus menerus setiap hari, karena kalium yang berlebihan akan menganggu kinerja ginjal secara bertahap. 

Baca lagi:12 Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui, Ternyata Tak Hanya Membuat Kenyang

2. Tekanan darah menurun

Rebusan daun sukun jika dikonsumsi secara berlebihan akan menjadi racun bagi tubuh. Terutama pada saat tubuh kekurangan zat besi, maka tekanan darah akan menurun. 

3. Radang mulut atau sariawan

Efek samping berlebihan minum rebusan daun sukun lainnya adalah bisa menyebabkan munculnya efek samping seperti radang mulut atau sariawan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: