Mengenal Diet Pisang yang Bagus untuk Penderita Hipertensi, Efektif Menurunkan Tekanan Darah Tinggi!

Mengenal Diet Pisang yang Bagus untuk Penderita Hipertensi, Efektif Menurunkan Tekanan Darah Tinggi!

Ilustrasi diet pisang yang bagus untuk penderita hipertensi.-azerbaijan_stock/Freepik.com -

Kandungan vitamin, mineral, dan serat yang ada pada buah pisang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi saat sarapan.

Jadi walaupun Anda hanya mengonsumsi buah pisang saat sarapan, kebutuhan nutrisi Anda tetap terpenuhi sekaligus mengurangi asupan kalori ke dalam tubuh.

Rasa pisang yang manis dan legit juga akan membantu diet Anda tidak terasa hambar.

Efektivitas Diet Pisang dalam Menurunkan Tekanan Darah

Selain dapat menurunkan berat badan dengan pola metode diet pisang tadi, rutin mengonsumsi pisang juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Para penderita hipertensi sangat dianjurkan untuk rutin mengonsumsi buah ini.

Salah satu kandungan pada pisang yang sangat berpengaruh dalam menurunkan tekanan darah adalah adanya kandungan potasium pada buah pisang.

Senyawa potasium ini dapat menyeimbangkan kadar natrium atau garam yang berasal dari makanan, dan masuk ke dalam tubuh. Seperti kita tahu asupan garam yang berlebihan sering kali menjadi penyebab meningkatnya tekanan darah.

Dan kandungan potasium pada pisang ini membantu mengurangi kadar natrium atau garam di dalam pembuluh darah, dan meningkatkan sistem ekskresi tubuh untuk membuang kandungan garam yang berlebihan tadi lewat urine.

BACA JUGA:Lansia Wajib Tahu! 4 Manfaat Pisang untuk Lansia, Dapat Tingkatkan Tekanan Darah dan Penyakit Jantung

BACA JUGA:Inilah 4 Manfaat Buah Pisang Ambon untuk Kesehatan, Penasaran Apa Saja? Baca Artikel ini!

Dalam buah pisang juga kaya akan kandungan antioksidan. Dalam proses penurunan berat badan antioksidan berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh dalam proses pembakaran lemak.

Proses pembakaran lemak yang berjalan dengan lancar akan mencegah tubuh dari bahaya obesitas yang seringkali menjadi salah satu faktor naiknya tekanan darah.

Selain itu, pisang juga kaya akan kandungan serat, terutama serat larut atau disebut pektin.

Pektin ini akan membantu mengontrol tekanan darah pada tubuh dengan cara menekan kadar kolesterol yang masuk melalui makanan dan juga membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Itu tadi beberapa kandungan pada pisang yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk menurunkan berat badan dan juga mencegah hipertensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: