Cegah Osteoporosis! Inilah 6 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh Mulari Dari Remaja hingga Lansia

Cegah Osteoporosis! Inilah 6 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh Mulari Dari Remaja hingga Lansia

manfaat cengkeh untuk kesehatan-ilustrasi manfaat cengkeh untuk kesehatan-youtube.com

4. Menjaga Kesehatan Liver

Tak hanya menjaga kesehatan tulang, kandungan senyawa eugenol yang ada di dalam cengkeh juga dapat membantu meningkatkan kesehatan liver.

Sebuah penelitian terhadap hewan percobaan mengungkapkan bahwa eugenol diduga dapat meningkatkan fungsi liver, mengurangi peradangan, dan membantu mencegah terjadinya sirosis.

Karena sedikit peneliti meneliti manfaat cengkeh yang satu ini sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Tidak hanya menjaga kesehatan tulang dan liver. Cengkeh ternyata dapat dijadikan sebagau obat herbal yang memiliki efek samping seperti alergim, iritasi pada kuliut dan gusi, hingga  penghambatan terhadap obat pengencer darah.

BACA JUGA:Cegah Penuaan Dini! Inilah 6 Manfaat Kunyit Asam untuk Lansia di Atas 45 Tahun yang Wajib Kamu Ketahui

BACA JUGA:6 Jamu Tradisional untuk Menjaga Kesehatan dengan Bahan Alami, termasuk Kunyit Asam

Tidak hanya cocok untuk lansia, obat herbal terbuat dari cengkeh ini sebaiknya jangan diberikan kepada baik diberukan oleh anak-anak, ibu hamil dan menyusui loh, namun dengan anjuran dari dokter.

Selain itu, jika kalian ingin menggunakan cengkeh sebagai pengobatan herbal sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu  dengan dokter untuk mencegah efek samping saat meminumnya.

6. Mengurangi Sakit Gigi

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tapi cengkeh juga dapat digunakan untuk membantu mengurangi sakit gigi.

Sebab, minyak  cengkeh dipercaya bisa mengatasi nyeri akibat sakit gigi. Hal ini karena kandungan senyawa eugenol di dalam cengkeh mampu mengurangi bengkak dan iritasi di sekitar gigi dan gusi. 

Hal ini dikarenakan, cengkeh ini mengandung efek antioksidan, antikuman, dan antijamur. Biasanya, cengkeh ini diguanakn sebagai obat kumur untuk membantu mengurangi sakit gigi tersebut.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh  yang dapat kalian coba. Selain harus berkonsultasi ke dokter, kalian juga perku menggunakan cengkeh ini dalam porsi yang tepat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: