Apa Manfaat Konsumsi Pisang Kepok Rebus? Cari Tahu Manfaat dan Olahan Pisang Kepok yang Sehat Selain Direbus

Apa Manfaat Konsumsi Pisang Kepok Rebus? Cari Tahu Manfaat dan Olahan Pisang Kepok yang Sehat Selain Direbus

Apa Manfaat Konsumsi Pisang Kepok Rebus? Cari Tahu Manfaat dan Olahan Pisang Kepok yang Sehat Selain Direbus-freepik.com-

RADARPEKAONGAN.DISWAY.ID - Artikel ini akan membahas manfaat pisang kepok rebus dan cara mengkonsumsi olahan pisang kepok yang sehat selain direbus. Cari tahu informasi selengkapnya dengan membaca sampai akhir.

Pisang kepok menjadi salah satu jenis buah yang lezat dan nikmat dikonsumsi dalam keadaan apapun, baik sebelum maupun sesudah diolah. Pisang kepok memiliki bentuk  pipih dan kulit yang tebal.

Pada umumnya pisang jenis ini lebih enak jika diolah dahulu, minimal dengan merebusnya. 

Tetapi jika salah mengolah bisa jadi membuat pisang menjadi tidak sehat. Lantas apa saja olahan pisang kepok yang sehat selain direbus?

Hal penting yang perlu diperhatikan untuk membuat olahan pisang kepok sehat  yaitu mengurangi atau menghindari penambahan gula atau pemanis. Pasalnya, rasa buah pisang sebenarnya sudah manis.

BACA JUGA:Berapa Kalori Dalam 1 Buah Pisang Goreng ? Ketahui Kalori Pisang Goreng dan Resep Olahan Pisang yang Sehat

BACA JUGA:Suka Makan Pisang Kepok? 4 Ragam Resep Olahan Pisang Kepok dan Manfaatnya untuk Kesehatan, Yuk Recook!

Olahan pisang kepok yang sehat selain direbus cukup bervariasi. Kamu dapat mengolah pisang sesuai dengan selera, misalnya  dengan dibuat jus, milkshake, smoothie dan lainnya. 

Dengan pengolahan yang sehat ini akan membuat pisang memaksimalkan kandungan di dalamnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Nah, sebelum mengetahui olahan pisang kepok yang sehat selain direbus. Mari kenali dahulu manfaat pisang kepok bagi kesehatan tubuh yang dilansir dari https://www.gramedia.com/, diantaranya:

  • Buah pisang memiliki manfaat yang baik untuk sistem pencernaan. Kandungan serat yang tinggi membantu memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh. Sehingga tubuh memiliki siklus BAB yang lancar dan teratur.
  • Pisang sebagai buah yang memiliki kalium dan mineral yang tinggi. Kandungan ini berfungsi sebagai pendorong kinerja saraf otak dan organ jantung. Sehingga detak jantung berkontraksi secara teratur.
  • Kandungan mineral dan antioksidan yang terdapat dalam pisang kepok dapat membantu penurunan gula darah.
  • Selain dapat menurunkan gula darah, rupanya kandungan antioksidan pada pisang kepok dapat mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Maka, rutin mengkonsumsi pisang kepok dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit.

Di bawah ini ada beberapa olahan pisang kepok yang sehat selain direbus yang dapat dijadikan resep andalan favoritmu, diantaranya:

BACA JUGA:Jangan Dibuang! Inilah 5 Resep Olahan Pisang Kematangan yang Mudah Dicoba, Gercepin Buat Recook

BACA JUGA:Praktis Tanpa Oven! Cobain 4 Resep Aneka Kue dari Pisang, Kreasi Tradisional Sampai Kekinian

1. Banana oat  blueberry

  • Bahan-bahan:
  • 1/2 cangkir santan tanpa pemanis
  • 1/2 cangkir oat
  • 1/2 sdm biji chia
  • 1/2 pisang, haluskan
  • 1 sdt sirup
  • Sejumput garam
  • 1/2 cangkir blueberry segar
  • 1 sdm kelapa parut tanpa pemanis
  • Cara membuat:
  1. Campurkan santan, oat, biji chia, potongan pisang, sirup, dan garam. Lalu aduk semua bahan hingga merata.
  2. Taburi diatasnya blueberry dan kelapa parut, letakkan pada wadah tertutup atau kedap udara. Lalu simpan dalam kulkas.
  3. Banana oat blueberry pisang siap dihidangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://id.wikihow.com/membuat-aneka-resep-banana-smoothie