Tips Sopan Ketika Berkomunikasi Kepada Siapa Saja, Lakukan 5 Hal Ini Agar Lawan Bicaramu Nyaman!

Tips Sopan Ketika Berkomunikasi Kepada Siapa Saja, Lakukan 5 Hal Ini Agar Lawan Bicaramu Nyaman!

Sopan ketika berkomunikasi--freepik.com

Bersabarlah, pasti ada waktu yang bisa kamu gunakan untuk berbicara.

Berikan Empati

Untuk menjadi seseorang yang sopan ketika berkomunikasi, kamu perlu menyertakan empati dalam setiap percakapan yang terjadi. Empati akan membuatmu memberikan respons yang lebih baik sehingga tidak menyinggung lawan bicaramu.

Dengan menyertakan empati, kamu juga bisa membuat lawan bicaramu menganggap bahwa kamu adalah tempat yang tepat untuk berbagi. Dengan begitu, hubunganmu dengan mereka bisa menjadi lebih baik karena sikapmu yang sopan ketika berkomunikasi ini.

Jangan Menghakimi

Penghakiman akan membuat seseorang merasa disudutkan. Karenanya, jika kamu ingin menjadi seseorang yang sopan ketika berkomunikasi dan membuat lawan bicaramu nyaman berinteraksi denganmu, jangan sekali-kali menghakimi mereka.

Terlebih, menilai mereka dengan cepat berdasarkan cerita yang belum selesai mereka bagikan hanya akan menghalangi proses komunikasi alami. 

Kamu boleh membagikan pendapatmu tentang mereka, tetapi jangan membuat mereka menjadi seseorang yang memiliki nilai buruk karena pendapat tersebut.

BACA JUGA Gunakan 5 Trik Komunikasi Persuasif untuk Meyakinkan Orang, Buat Mereka Mengikuti Kemauanmu!

Perhatikan Bahasa Tubuhmu

Ketika berbicara tentang kesopanan, maka terkait pula dengan bahasa tubuh. Sebab, orang bisa memaknainya sebagai sifat atau sikap tertentu yang kamu tampilkan melalui bahasa tubuh tersebut.

Oleh karenanya, penting bagimu untuk memperhatikan bahasa tubuhmu ketika berusaha menjadi orang yang sopan ketika berkomunikasi. Caramu duduk, mengangkat dagu, mengernyitkan kening, dan sebagainya juga memiliki makna.

Itulah lima hal yang perlu kamu lakukan untuk bisa menjadi orang yang sopan ketika berkomunikasi.

Selalulah berusaha untuk menghargai lawan bicaramu dan membuat mereka nyaman ketika berbincang denganmu. Sehingga, kamu bisa menjalin hubungan yang lebih baik dengan mereka. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: