Terkenal Pendiam dan Kamu, Ternyata Ada juga Kelebihan Introvert dalam Komunikasi yang Sangat Unik!

Terkenal Pendiam dan Kamu, Ternyata Ada juga Kelebihan Introvert dalam Komunikasi yang Sangat Unik!

Kelebihan introvert dalam komunikasi--freepik.com

Pendengar yang Baik

Introvert lebih senang mendengarkan daripada berbicara. Terlebih, bukan hanya sekadar mendengarkan, introvert adalah seorang pendengar yang baik. Mereka akan memperhatikan penuh orang yang sedang berbicara dan tidak suka menginterupsi.

Itu sebabnya, salah satu kelebihan introvert dalam komunikasi adalah bahwa mereka merupakan teman curhat yang tepat.

Kemampuan introvert yang satu ini dapat menciptakan kedekatan yang intens dan membuat orang lain merasa didengar serta dimengerti ketika berbicara dengan seorang introvert.

Memiliki Level Sensitivitas yang Tinggi

Orang dengan kepribadian introvert cenderung memiliki empati dan simpati yang tinggi. Mereka bukanlah tipe orang yang ignorant. Itu sebabnya, sensitivitas yang dimiliki oleh introvert cenderung lebih tinggi.

Sering kali, mereka mereka mampu menangkap nuansa perasaan yang terkadang sulit terlihat oleh orang lain. Maka dari itu, mereka cenderung bisa memberikan emotional support yang tepat pada saat dibutuhkan.

Kelebihan introvert dalam komunikasi yang terkait dengan hal ini adalah bahwa mereka merupakan pemberi dukungan yang baik.

Orang menjadi nyaman untuk membagikan kesulitan yang mereka hadapi kepada introvert karena mereka percaya akan mendapatkan dukungan emosional yang sangat berarti.

BACA JUGA Dijamin Berhasil! Lakukan 4 Trik Psikologi Agar Lawan Bicara Nyaman Saat Berkomunikasi Denganmu

Berorientasi pada Hubungan yang Mendalam

Dibanding menginginkan hubungan dengan banyak orang, introvert lebih senang memiliki hubungan dengan sedikit orang tetapi benar-benar berkualitas. Mereka pandai memfokuskan perhatian pada hubungan.

Akibatnya, introvert memiliki kualitas komunikasi yang baik dengan orang yang menjalin hubungan dengannya. Dengan begitu, mereka memiliki kecenderungan untuk memperkuat hubungan dengan memberikan perhatian khusus pada pasangan, teman, hingga kerabat.

Meski selama ini dipandang sebagai pribadi yang tidak pandai dalam hubungan sosial, ternyata kelebihan introvert dalam komunikasi ternyata banyak juga bukan?

Yuk, mulai kenali kelebihanmu sebagai introvert dan mulai mengoptimalkannya! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: