Miliki Kandungan Kalsium untuk Tumbuh Kembang Anak, Inilah 6 Manfaat Mengonsumsi Brokoli untuk Anak

Miliki Kandungan Kalsium untuk Tumbuh Kembang Anak, Inilah 6 Manfaat Mengonsumsi Brokoli untuk Anak

Sayuran brokoli bagus untuk kesehatan anak.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Setiap orang tua ingin anaknya tumbuh kembangnya baik dan sehat. Salah satu sayuran yang direkomendasikan untuk kesehatan anak adalah brokoli.

Brokoli kaya akan nutrisi. Diantaranya brokoli memiliki kandungan vitamin A, C, E, K, B1, dan B6 yang cukup tinggi. Brokoli juga mengandung protein, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan mangan. 

Brokoli mengandung sulforaphane yang bersifat antioksidan sebagai penangkal radikal bebas. Brokoli mengandung karotenoid (lutein dan zeaxanthin) yang bermanfaat untuk kesehatan anak.

Dengan kandungan nutrisinya yang luar biasa, sayuran brokoli sangat cocok untuk anak. Makanya, usahakan sejak dini anak untuk doyan makan sayuran brokoli ini agar bisa memperoleh manfaatnya.

Baca juga:Tak Hanya untuk Diet, Inilah 13 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan, Ketahui Juga Efek Sampingnya

Berikut ini manfaat brokoli untuk anak dilansir dari laman Kementerian Kesehatan RI:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Ingin anak tidak mudah sakit, mulai sekarang sering-seringlah anak makan sayuran brokoli. Sebab, dengan kandungan vitamin C dan senyawa antioksidan dalam brokoli dapat melawan radikal bebas, menangkal kuman penyebab infeksi, dan memperkuat jaringan tubuh anak.

2. Memelihara kesehatan pencernaan anak

Dalam 100 gram brokoli, ada kandungan serat sekitar 2,6 gram. Kandungan serat ini bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan pada anak. Anak dapat terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit jika pencernaannya sehat. 

3. Menjaga kesehatan mata anak

Manfaat brokoli untuk anak lainnya ialah menjaga kesehatan mata pada anak. Manfaat ini diperoleh dari kandungan vitamin A pada brokoli, termasuk lutein dan zeaxanthin.

Baca lagi:Ini Dia 11 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh yang Tak Kalah dengan Susu Lansia

Lutein pada brokoli membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet matahari dan cahaya biru dari perangkat elektronik seperti smartphone dan laptop.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: