7 Contoh Komunikasi yang Efektif, Tanda Bahwa Kamu Pandai Berbicara Tanpa Bikin Orang Salah Paham!

7 Contoh Komunikasi yang Efektif, Tanda Bahwa Kamu Pandai Berbicara Tanpa Bikin Orang Salah Paham!

Contoh komunikasi yang efektif--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Mungkin kamu bertanya-tanya apakah caramu berbicara sudah tepat atau belum, sehingga kamu membutuhkan contoh komunikasi yang efektif untuk menilai performa komunikasimu.

Komunikasi yang efektif merupakan kemampuan mendasar yang harus dimiliki oleh setiap orang. Sebab, komunikasi efektif dimaknai sebagai komunikasi yang berhasil, di mana baik orang yang berbicara maupun mendengarkan memiliki pemahaman yang sama tentang pesan yang disampaikan.

Jika seseorang tidak memiliki kemampuan ini, maka kemungkinan besar akan banyak terjadi kesalahpahaman dalam komunikasi.

Lantas, bagaimana contoh komunikasi yang efektif itu?

Berikut ini merupakan daftar contoh komunikasi yang efektif yang bisa kamu jadikan panduan untuk mengukur sudah sejauh mana kemampuan komunikasimu. Yuk, simak sampai akhir!

BACA JUGA Tips Komunikasi untuk Ekstrovert, Perhatikan 4 Hal Ini Agar Tidak Terlalu Mendominasi dan Terkesan Arogan

Penggunaan Komunikasi yang Tegas dan Jelas

Salah satu contoh komunikasi yang efektif adalah ketika seseorang menyampaikan pesan dengan bahasa verbal yang tegas dan jelas serta tidak bertele-tele. Pesan disampaikan dengan tepat tanpa membuat lawan bicara bingung.

Contoh komunikasi yang efektif ini dapat kamu miliki jika kamu sendiri sudah memahami betul pesan apa yang harus disampaikan, bagaimana merangkai kata-katanya, dan bagaimana penggunaan diksi yang sesuai dengan audiens.

Mendengarkan dengan Empati

Kesalahpahaman akan lebih mungkin terjadi ketika kamu tidak mau mendengarkan terlebih melibatkan empati ketika mendengarkan oleh orang lain. Akibatnya, komunikasi yang efektif tidak akan tercapai jika kamu tidak bisa mendengarkan dengan baik.

Kegiatan mendengarkan dengan melibatkan empati dikatakan sebagai salah satu contoh komunikasi yang efektif karena melalui proses ini, kamu memberikan perhatian penuh kepada lawan bicara, memahami perspektif mereka, dan menunjukkan empati dalam berkomunikasi. Sehingga kamu paham betul pesan apa yang mereka sampaikan dan bagaimana kamu harus meresponsnya.

Menampilkan Bahasa Tubuh yang Positif

Bahasa tubuh atau bahasa nonverbal merupakan bahasa yang sangat berguna untuk menguatkan pesan verbal yang kamu sampaikan atau bahkan mewakili perasaan yang sulit untuk kamu tunjukkan langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: