Yuk Pahami! Begini Aturan dan Menu Makan Sehat untuk Penderita Diabetes saat Menjalani Program Diet

Yuk Pahami! Begini Aturan dan Menu Makan Sehat untuk Penderita Diabetes saat Menjalani Program Diet

Ilustrasi aturan dan menu makan sehat untuk penderita diabetes diet.-Freepik.com-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Saat Anda memiliki kadar gula darah yang tinggi, maka perlu benar-benar memperhatikan pola diet yang aman. Perlu diperhatikan dengan baik aturan dan menu makan sehat untuk penderita diabetes.

Seperti diketahui, adanya diagnosa diabetes dikarenakan kadar gula yang terlalu tinggi pada tubuh. Maka penderita diabetes perlu benar-benar membenahi kembali jenis makanan yang dikonsumsi, dan mulai menghindari makanan atau minuman tinggi gula.

Apalagi saat memiliki riwayat diabetes yang dibarengi dengan obesitas. Agar tidak semakin parah dan menimbulkan komplikasi lainnya, segeralah diatasi dengan pola hidup seimbang.

Yang perlu dipahami penderita diabetes saat akan memulai diet adalah bagaimana cara diet yang aman, jangan menuntut hasil yang cepat terlihat. Karena yang terpenting bagi penderita diabetes adalah kekonsistenan dalam melakukan diet sehat sehingga kadar gula darah selalu terkontrol.

BACA JUGA:Diet Aman Penderita Diabetes, Cara Efektif Menurunkan Kadar Gula Darah Sekaligus Berat Badan Berlebih

BACA JUGA:Wajib Coba! Inilah Makanan yang Bisa Turunkan Gula Darah dengan Manjur, Cocok Bagi Anda yang Diet Diabetes

Penderita diabetes sangat tidak dianjurkan melakukan diet ekstrim karena dapat membahayakan tubuh saat secara tiba-tiba kadar gula turun drastis atau hipoglikemia. Berikut aturan diet yang aman bagi penderita diabetes.

Aturan Makan Sehat untuk Penderita Diabetes

Dikutip dari hellosehat.com ada dua metode yang bisa dijadikan panduan dalam mengatur menu dan porsi makanan untuk penderita diabetes yang akan melakukan diet sehat.

1. Mengatur Porsi Piring dengan Metode T

Metode ini akan menjadi alternatif takaran makan yang pas tanpa harus menghitung jumlah kalori makanan. Cara kerja metode T ini yaitu setiap porsi makanan dibagi jadi tiga bagian:

- Pertama, makanan tinggi serat seperti sayur yang mendapat porsi setengah piring.

- Kedua, seprempat bagian berisi asupan karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, ubi-ubian, kacang-kacangan, dan sejenisnya.

- Ketiga, seprempat bagian sisanya berisi sumber protein tubuh. Seperti ikan, daging, dan telur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: