Ziarah ke Muassis NU, PCNU Kota Pekalongan Ajak Pelajar agar Tak 'Kepaten Obor'

Ziarah ke Muassis NU, PCNU Kota Pekalongan Ajak Pelajar agar Tak 'Kepaten Obor'

Para pengurus NU Kota Pekalongan saat ziarah ke makam masyayikh dan muassis NU di makam KH Abbas Madlany di Sapuro, Jumat, 26 Januari 2024.-Wahyu Hidayat/Radar Pekalongan-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-101 NU, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan menggelar ziarah ke makam masyayikh dan muassis NU di Kota Pekalongan pada Jumat, 26 Januari 2024.

Ziarah ini diikuti ratusan orang yang terdiri dari jajaran pengurus cabang, pengurus ranting, anak ranting, lembaga, badan otonom (banom), hingga para pelajar di bawah naungan Lembaga Pendidikan Maarif NU.

Kegiatan yang dipimpin Rais PCNU, KH Romadlon Abdul Djalil didampingi Ketua Tanfidziyah PCNU H Muhtarom, ini diawali dengan berziarah ke makam beberapa masyayikh dan muassis NU yang berlokasi di kompleks Pemakaman Sapuro, Kelurahan Sapuro Kebulen, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, pada pukul 13.30 WIB.

Di setiap lokasi makam yang dikunjungi, kegiatan ziarah ini mendapat sambutan luar biasa dari para Pengurus Ranting NU setempat.

BACA JUGA:PCNU Kota Pekalongan Tekankan Pentingnya Kemandirian dan Kaderisasi

BACA JUGA:PCNU Temui Wali Kota, Sampaikan 9 Program Unggulan

Di TPU Sapuro, mereka melakukan ziarah, tahlil, berdoa, dan tabur bunga di KH Abbas Madlany (Rais Syuriyah 1928–1962), KH Zein Ilyas (Rais Syuriah 1962-1972), KH Ghufron Achid (Rais Syuriah 1986-1997), KH Subki Masyhadi (Rais Syuriah 1997-2002), KH Ambari Ismail (Ketua PCNU 1928-1957), KH Muzajad Masyhadi (Ketua PCNU 1972-1982), dan KH Ahmad Qusyairi (Ketua PCNU 1986-1997). Dilanjutkan ke makam KH Ridlwan (Ketua PCNU 1957-1972) di Makam Sogaten, Kebulen.

Dari Sapuro Kebulen, rombongan melanjutkan ziarah ke makam KH Nachrowi (Rais Syuriah 1972-1986) di Landungsari, Kelurahan Noyontaansari, Pekalongan Timur. Di sini, rombongan peziarah disambut oleh salah seoranb putra KH Nachrowi, KH Ahsin Nachrowi, yang juga pengasuh Ponpes Ribatul Muta'alimin serta pengurus ranting NU setempat.

Selesai dari Landungsari, ziarah dilanjutkan ke makam KH Zakaria Ansor (Rais Syuriah 2017-2020) di Ponpes Al Mubarok, Medono, Pekalongan Barat.

Kemudian disambung ke makam KH Syafii Abdul Majid (Tokoh NU Pekalongan) di Masjid Jami Asy Syafii Pringlangu, dan ke makam KH Mustofa Bakri (Rais Syuriah 2002-2012) di Jenggot, Pekalongan Selatan.

Selepas Maghrib, rombongan meneruskan ziarah ke makam KH Akrom Shofwan (Ketua PCNU 1997-2002) di Pajomblangan, Kabupaten Pekalongan.

Dilanjutkan dengan ziarah ke makam KH Amir Idris (muassis NU) dan KH Mudzakir Asyhuri (tokoh NU Pekalongan) di Makam Banyurip, Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan.

Rais Syuriah PCNU Kota Pekalongan KH Romadlon Abdul Djalil menuturkan kegiatan ziarah ke masyayikh dan muassis NU sudah rutin digelar tiap tahun.

BACA JUGA:Muhtarom Ingin PCNU Kota Pekalongan Punya Ma'had Aly

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: