Lolong Culture Festival 2024 Pesta Durian Semarak, 3 Ribu Paket Durian Lokal Habis Dibagikan Secara Gratis

Lolong Culture Festival 2024 Pesta Durian Semarak, 3 Ribu Paket Durian Lokal Habis Dibagikan Secara Gratis

Lolong Culture Festival 2024 Pesta Durian disemarakkan dengan karnaval dan arak-arakan tumpengan gunungan durian oleh masyarakat Desa Lolong.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Ajang Lolong Culture Festival 2024 Pesta Durian di Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, berjalan semarak, Minggu, 28 Januari 2024. 

Ribuan warga dari berbagai wilayah di Kabupaten Pekalongan dan sekitarnya tampak berdatangan ke desa wisata ini untuk menikmati durian lokal Lolong dan sekitarnya yang memiliki citarasa khas.

Lolong Culture Festival 2024 Pesta Durian disemarakkan dengan tumpeng durian, bazar durian, pameran durian, karnaval seni budaya, dan tasyakuran ribuan paket durian gratis.

Dari pantauan Radar, sejak pukul 07.00 WIB, masyarakat dari berbagai wilayah sudah mulai berdatangan ke Desa Lolong. Sekitar pukul 08.00 WIB, ajang ini dimulai dengan karnaval tumpengan durian dan seni budaya. 

Baca juga:Lolong Culture Festival 2024, Tasyakuran Petani Durian Desa Lolong, Disiapkan Ribuan Durian Gratis

Sebanyak sembilan tumpeng durian diarak keliling kampung dari depan balai desa setempat menuju ke lapangan Rejomulyo.

Karnaval ini tampak semarak. Hampir semua warga kampung memeriahkannya, mulai dari anak Paud, SD/MI hingga orang dewasa. Laki-laki dan wanita. Setelah tiba di lapangan, tumpengan durian dibawa masuk ke Gedung Serbaguna Desa Lolong yang berada di sebelah lapangan desa ini. 

Di dalam gedung serbaguna ini, acara dilanjutkan doa bersama. Pemotongan tumpeng dan penyerahan simbolis durian unggulan Lolong yang berhasil memenangkan kontes durian tingkat kabupaten dari Kades Lolong Sholehudin ke Sekda M Yulian Akbar. 

Selanjutnya, ribuan paket durian dibagikan secara gratis kepada para pengunjung Lolong Culture Festival 2024.

Baca lagi:Polres Pekalongan Amankan Lolong Culture Festival 2024 Pesta Durian

Aksi desak-desakan tampak terlihat saat panitia membagikan kupon untuk mendapatkan durian yang dikemas dalam paket kotak mika di depan pintu masuk lapangan. Namun, berkas kesigapan panitia dan pihak keamanan dari TNI, Polri dan linmas pembagian kupon berjalan dengan lancar. Ribuan pengunjung pun bisa mendapatkan paket durian lokal yang rasanya nikmat.

Kepala Desa Lolong Sholehudin mengatakan, Lolong Culture Festival 2024 Pesta Durian merupakan wujud syukur petani durian di Desa Lolong dan sekitarnya kepada Allah Ta'ala. Menurutnya, pada tahun 2024 panen durian melimpah. 

"Kami dari warga itu sangat antusias untuk mengadakan tasyakuran durian di tahun 2024. Kami dari pemerintah desa langsung menyikapi dengan bergotong-royong menyelenggarakan festival durian ini. Alhamdulilah ini sangat meriah. Luar biasa," ujar dia.

Menurutnya, Lolong Culture Festival 2024 Pesta Durian juga didukung desa tetangga yang juga penghasil buah durian. Diantaranya Desa Mendolo, Kapundutan dan Bantarkulon dari Kecamatan Lebakbarang, dan desa-desa sentra durian lainnya di Kecamatan Karanganyar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: