Lolong Culture Festival 2024, Tasyakuran Petani Durian Desa Lolong, Disiapkan Ribuan Durian Gratis

Lolong Culture Festival 2024, Tasyakuran Petani Durian Desa Lolong, Disiapkan Ribuan Durian Gratis

Petani durian Desa Lolong Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan gelar tasyakuran musim panen durian dengan menyelenggarakan Lolong Culture Festival 2024, Minggu, 28 Januari 2024.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Ajang Lolong Culture Festival 2024 di Desa Lolong Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan akan digelar pada Minggu, 28 Januari 2024. 

Lolong Culture Festival 2024 akan disemarakkan dengan pesta durian, tumpeng durian, bazar durian, pameran durian, karnaval seni budaya, dan tasyakuran 2024 paket durian gratis.

Lolong Culture Festival 2024 sebenarnya ajang tahunan yang diselenggarakan di Desa Lolong setiap musim panen durian. Masyarakat mengenalnya dengan sebutan Festival Durian Lolong.

Namun, pada tahun 2024 ini, Pemkab Pekalongan memusatkan festival durian di Alun-alun Kajen. Festival durian tingkat kabupaten telah diselenggarakan pada hari Minggu, 14 Januari 2024.

Baca juga:Festival Durian Kabupaten Pekalongan Tahun 2024 Ricuh

Kepala Desa Lolong Sholehudin, mengatakan, Lolong Culture Festival 2024 akan dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Ditandai dengan karnaval seni budaya dan kirab tumpengan durian. 

"Karnaval akan dilepas dari RT 7 di Rejomulyo menuju ke lapangan Desa Lolong. Karnaval ini akan dimeriahkan tumpengan durian dan penampilan seni budaya lokal seperti rebana dan kuda lumping," terang dia.

Peserta karnaval dari anak Paud, TK, SD/MI hingga ibu-ibu di Desa Lolong. Untuk tumpengan durian sendiri ada sekitar tujuh yang berasal dari masing-masing RW di Desa Lolong ditambah dari pemerintah desa, pemuda/karang taruna dan buper Lolong. 

Usai karnaval, akan dilanjutkan dengan doa bersama yang dipusatkan di Gedung Serbaguna Desa Lolong. Dilanjutkan makan bersama durian lokal Desa Lolong.

"Rencananya kegiatan akan dihadiri Forkompincam Karanganyar dan dibuka oleh Bapak Sekda," kata dia.

Baca lagi:Festival Durian Doro 2024, Bupati Fadia Sarankan Durian Pekalongan Punya Nama Khusus

Usai doa bersama, para pengunjung akan disuguhi durian gratis, Pihak panitia menyiapkan 2024 durian yang dikemas dalam kotak mika. Namun hingga malam ini, paket durian yang disiapkan mencapai sekitar 2.500 paket.

"Kami berharap para pengunjung bisa sabar menunggu hingga doa bersama selesai. Durian gratis ini akan dipusatkan di lapangan depan gedung serbaguna," ujar dia.

Para pengunjung juga bisa membeli durian lokal Lolong di bazar durian yang dipusatkan di bumi perkemahan Lolong. Di lokasi ini juga ada pentas kesenian lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: