6 Cara Menciptakan Komunikasi Efektif dengan Pasangan, Jaga Hubunganmu dari Berbagai Persoalan

6 Cara Menciptakan Komunikasi Efektif dengan Pasangan, Jaga Hubunganmu dari Berbagai Persoalan

Menciptakan komunikasi efektif dengan pasangan--Freepik.com

Junjung Tinggi Kejujuran

Salah satu fondasi hubungan adalah kepercayaan. Sedangkan, nilai ini tidak dapat dicapai tanpa adanya kejujuran. Jika kamu ingin memperkuat fondasi hubunganmu, maka hal yang harus kamu lakukan adalah mengusahakan komunikasi yang terbuka.

Komunikasi terbuka menjadi jalan utama menciptakan komunikasi efektif dengan pasangan agar tidak ada ruang untuk hambatan komunikasi dengan pasangan dalam hubungan yang sedang dijalin.

Penting bagimu dan pasangan untuk mengomunikasikan secara jujur apa pun tentang perasaan, pikiran, pilihan, hingga aktivitasmu untuk menciptakan kepercayaan yang mendalam.

BACA JUGA 5 Tips Komunikasi untuk Menghadapi Silent Treatment, Jangan Biarkan Konflik Berlarut-larutrlarut-larut

Hindari Bahasa Kasar dan Negatif

Usaha menjaga dan merawat hubungan juga terkait erat dengan menjaga perasaan. Terlebih dalam hubungan romantis, perasaan adalah dasar terbentuknya. Oleh karena itu, komunikasi efektif juga perlu dibangun melalui penjagaan perasaan pasangan.

Pastikan kamu tidak menggunakan kalimat-kalimat negatif dan bernada keras kepada pasanganmu. Jaga perasaannya dalam komunikasi, sehingga emosi tidak menjadi intervesi dalam memahami pesan yang disampaikan kepada satu sama lain.

Selain itu, menghindari kalimat buruk dan negatif juga akan mendukung terciptanya komunikasi efektif dengan pasangan, sebab pembicaraan yang dilakukan lebih berfokus pada informasi tanpa intervensi emosi yang tidak terkendali.

Jangan Bersikap Defensif

Konflik tidak bisa dihindari, sebab kamu terkait dengan orang lain. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mengendalikannya.

Konflik bisa kamu atasi dengan tidak bersikap defensive dan menyalahkan pasanganmu sebagai pihak yang bertanggung jawab atas konflik yang terjadi di antara kalian.

Bersikaplah terbuka dan jadikan konflik sebagai sarana untuk mengeratkan kerja samamu dengan pasangan. Jadikan konflik sebagai sarana untuk mengeratkan ikatan di antara kalian, bukan justru mengurai ikatan tersebut dan menjadikannya semakin ringkih.

Saling Menghargai

Kamu dan pasangan adalah tim dalam hubungan kalian. Termasuk dalam menciptakan komunikasi efektif dengan pasangan. Di dalamnya, kalian memiliki posisi yang setara untuk menjalani hubungan tersebut.

Oleh karenanya, pastikan bahwa kamu dan pasanganmu mendapatkan penghargaan yang sama besar dari satu sama lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: