Makanan yang Bikin Ginjal Sakit dan Wajib Dihindari Lansia Usia 50 Tahun

Makanan yang Bikin Ginjal Sakit dan Wajib Dihindari Lansia Usia 50 Tahun

Makanan yang Bikin Ginjal Sakit--Freepik.com

BACA JUGA:Inilah Jus Buah untuk Menurunkan Kadar Asam Urat Tinggi dalam Darah, Bagus untuk Lansia Atasi Nyeri Sendi

Perlu diketahui asupan natrium yang disarankan untuk tubuh hanyalah 2000 mg/per hari. Maka, jenis makanan yang perlu dihindari adalah makanan asinan tinggi garam.

3. Buah Berkalium Tinggi

Ternyata ada beberapa jenis buah-buahan yang tidak disarankan untuk lansia. Sebab beberapa buah tersebut termasuk dalam makanan yang bikin ginjal sakit.

Nah, d iantara buah-buahan yang mengandung kalium tinggi adalah tomat, jeruk, pisang, dan alpukat. Jenis-jenis buah ini ternyata dapat merusak fungsi ginjal kalau dimakan secara berlebihan. 

Kandungan kalium yang tinggi dapat membebani kerja organ ginjal. Sehingga memiliki risiko yang tinggi dalam merusak fungsi organ tubuh.

4. Makanan yang Tinggi Protein

Protein memang bagus dalam membentuk jaringan tubuh khususnya kulit. Namun bila jumlahnya berlebihan melebihi asupan harian, maka tidak sehat.

Khususnya tidak sehat bagi organ ginjal. Sebab organ ginjal akan bekerja terlalu keras dalam membuang protein hasil sisa metabolisme tubuh.

Bila kondisi ini dibiarkan terus terjadi, maka akan memicu kerusakan pada ginjal. Maka jangan sampai mengonsumsi makanan tinggi protein karena termasuk makanan yang bikin ginjal sakit.

5. Makanan Berlemak Tinggi

Makan berlemak tinggi akan membuat tubuh obesitas. Tentu saja penambahan berat badan akan memunculkan risiko penyakit salah satunya kerusakan fungsi ginjal.

BACA JUGA:Bagi Penderita Penyakit Jantung, Begini 6 Aturan Pola Makan Sehat yang Aman untuk Diet Sehat

BACA JUGA:Ngga Hanya Bikin Langsing, Berikut 3 Metode Diet yang Juga Efektif dalam Menjaga Kesehatan Jantung Lho!

Perlu diketahui, berat badan yang berlebih memiliki kaitan yang sangat erat dengan penyakit gagal ginjal, batu ginjal, dan infeksi saluran kemih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: