Daftar Nutrisi yang Baik untuk Ginjal dan Aman Dikonsumsi oleh Pasien Penyakit Ginjal Usia 50 Tahun ke Atas!

Daftar Nutrisi yang Baik untuk Ginjal dan Aman Dikonsumsi oleh Pasien Penyakit Ginjal Usia 50 Tahun ke Atas!

nutrisi yang baik untuk ginjal-ilustrasi nutrisi yang baik untuk ginjal-youtube.com

Terntata vitamin B12 dapat membantu membuat sel baru, memelihara sel-sel saraf, dan bekerja bersama folat untuk menyusun sel darah merah.

Pasien ginjal kronis tubuhnya tidak dapat menyaring nutrisi dari darah dan getah bening. Hal ini menyebabkan tubuh kekurangan vitamin B12 yang berujung pada risiko anemia.

Itulah mengapa, pasien ginjal yang melakukan cuci darah membutuhkan vitamin B12 lebih banyak. Selain itu, vitamin ini juga dapat membantu ginjal membentuk sel yang lebih sehat.

BACA JUGA:Inilah Manfaat daun Jambu Biji untuk Lansia dan Cara Mengonsumsi yang Aman untuk Lansia Usia 50 Tahun ke Atas

BACA JUGA:Inilah 5 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Dewasa hingga Lansia yang Wajib Diketahui!

4.  Vitamin D

Menurut dr. Atika, pasien penyakit ginjal mesti memenuhi kebutuhan vitamin D sehari-hari. Sebab, ginjal ini merupakan organ yang bertugas mengubah vitamin D menjadi bentuk aktifnya.

Sementara untuk pasien ginjal kronis, mereka cenderung kurang mampu mengubah vitamin D menjadi bentuk aktifnya, sehingga secara tidak langsung akan kekurangan asupan vitamin D.

Maka dari itu, tak heran bila asupan vitamin D ini perlu dipenuhi oleh supelemn dan diet khusus ginjal agar vitamin D ini dapat terpenuhi dengan optimal.

5. Vitamin C

Nutrisi yang baik untuk ginjal yang terakhir adalah vitamin C. Namun, bagi pasien ginjal, kalian tidak boleh mengonsumsi vitamin C ini secara berlebih.

Hal ini dikarenakan, vitamin C ini dapat menyebabkan penumpukan oksalat yang memicu batu ginjal. Sehingga akan sangat berbahaya untuk pasien sakit ginjal.

BACA JUGA:Cegah Purin Tinggi, Inilah Khasiat Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh Lansia Usia 60 Tahun

BACA JUGA:Mau Tahu Cara Mengolah Daun Pandan sebagai Jamu Sehat? Ini Caranya, Catat Ya!

Untuk anjurannya, kalian direkomendasikan untuk mengonsumsi vitamin C harian sebanyak 90 mg untuk pria dewasa dan 75 mg untuk wanita dewasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: