Hindari Terlalu Mengatur Anak! Begini Tips Menegur Anak yang Efektif menurut dr Aisah Dahlan

Hindari Terlalu Mengatur Anak! Begini Tips Menegur Anak yang Efektif menurut dr Aisah Dahlan

Cara menegur anak yang efektif menurut dr Aisah Dahlan.-draisahdahlan/ ig-

BACA JUGA:Tips Parenting Cara Melatih Anak Jadi Mandiri dan Berani ala dr Aisah Dahlan

BACA JUGA:Tips Parenting dr Aisah Dahlan Mengatasi Masalah dengan Cepat, Solusi Orang Tua Menyelesaikan Masalah Anak

Maka, saat sudah masuk ke dalam kategori bahaya maka orang tua pun bisa untuk lebih tegas lewat nada suara yang lebih keras. Agar anak-anak mengerti, bahwa hal-hal seperti ini berbahaya, dan tidak sopan untuk dilakukan.

Saat meninggikan suara, atau mengkategorikan mana hal yang harus ditegasi pun perlu adanya pertimbangan yang matang. Agar anak tidak bingung.

Karena saat terlalu banyak larangan atau peraturan yang diberikan kepada anak, justru membuat konsentrasi anak untuk mengingat peraturan-peraturan tersebut lupa.

Sebagai orang tua juga ada baiknya menghindari terlalu banyak mengatur anak. Karena anak pun memiliki pandangan dan minatnya sendiri. Yang penting apa yang anak lakukan tidak luput dan tetap dalam pengawasan kita sebagai orang tua.

BACA JUGA:Merasa Sulit Berdialog dengan Anak? Coba Tips Parenting dr Aisah Berikut Ini Bikin Anak Lebih Mudah Diarahkan

BACA JUGA:Mau Bikin Anak Bisa Istiqomah hanya Lewat Ucapan? Simak Tips Parenting dr Aisah Dahlan Berikut Ini

Kemudian sebuah tips lagi yang disampaikan oleh dr Aisah Dahlan, daripada terlalu banyak mengatur anak yang bisa juga membuat anak stres, lebih baik luangkan  lebih banyak waktu bersama anak.

Hal ini dilakukan untuk membangun hubungan antara orang tua dan anak. Dimana dari sini juga akan tumbuh rasa saling nyaman dan percaya antara orang tua dan anak.

Anak juga anak menjadi lebih mudah untuk diarahkan karena orang tua menjadi sosok yang dekat dan membuat mereka nyaman. Meskipun memang akan beda pendekatan dan cara meluangkan waktu dengan anak sesuai kebutuhan usia.

Dokter Aisah menyebutkan saat memiliki anak usia TK, SD, maka luangkan lebih banyak waktu untuk mengajari anak, anay menemani mereka bermain non gadget. Ini juga akan menjadi cara menghindari anak kecanduan gadget.

Dan, pada anak remaja biasanya akan nyaman saat ditemani makan atau menonton. Apalagi sebagai seorang Muslim ada waktu sholat yang juga bisa digunakan untuk bersama-sama dengan anak sembari sholat berjamaah.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: