Utamakan Hukum atau Sopan Santun Dulu dalam Mendidik Anak? Begini Penjelasan Cara Mendidik Anak Ala Gus Baha

Utamakan Hukum atau Sopan Santun Dulu dalam Mendidik Anak? Begini Penjelasan Cara Mendidik Anak Ala Gus Baha

Utamakan Hukum atau Sopan Santun Dulu dalam Mendidik Anak? Begini Penjelasan Cara Mendidik Anak Ala Gus Baha -Tangkap layar -YouTube Santri Gayeng

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Gus Baha atau KH Ahmad Bahauddin Nursalim memegang prinsip dalam mendidik anak adalah utamakan hukum di atas sopan santun.

Karena itu, suatu istrinya pernah mengeluhkan saat Gus Baha bilang ke anaknya, "Nak, nanti jika kamu pingin jajan dan bapak pas sedang tidur, bangunkan."

Keluhan dari istri Gus Baha saat itu karena memperhitungkan kalau membangunkan orang tua yang lagi tidur itu tidak sopan.

Tetapi Gus Baha menanggapi kalau ini perkara hukum. Jadi wajib didahulukan dibanding sopan santun.

BACA JUGA:Amalan Khusus Supaya Hidup Penuh Kebahagiaan dan Tanpa Masalah, Gus Iqdam: Semua Urusan Diselesaikan Pusat

BACA JUGA:Hidup Ruwet, Rezeki Mampet dan Utang Macet? Semua Tuntas tanpa Bekas dengan Amalan Jalur Langit Kata Gus Iqdam

"Saya memiliki anak yang masih kelas 2 SD, semenjak kelas 1 SD aku bilang begini, 'kalau. kalian pingin jajan pasar bapak sedang tidur, bangunkan bapak," cerita Gus Baha sebagaimana dalam potongan video yang diunggah akun Instagram @ceramahgusbaha.

"Padahal saya mempunyai banyak orang, mempunyai banyak santri yang bantu. Istri saya mengeluh katanya itu melatih anak tidak sopan sebab membangunkan orang tua yang sedang tidur," lanjut cerita Gus Baha.

"Nggak. Sopan itu no 2 no satu itu hukum," jawab kiai hafidz Qur'an yang juga merupakan santri dari KH Maimoen Zubair itu.

Kemudian Gus Baha memberikan pemaparan tentang cara mendidik anak, khususnya dalam hukum dan akhlakul Karimah ataupun sopan santun.

Orang yang sangat berhak ataupun yang sangat boleh diganggu anak itu adalah orang tuanya, kata KH Ahmad Bahauddin Nursalim.

BACA JUGA:Doa Pelunas Utang Ini Dibacanya Sebelum Tidur dengan Posisi Badan Menghadap Kanan, Kata Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Mumet Dikejar Debt Collector? Gus Baha Ajarkan Amalan Doa Para Wali Agar Utang Lunas dalam Waktu Singkat

"Masa anak ingin jajana yang harus ribet pembantu? Anak ingin jajan yang harus ribet orang lain?"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: